Bagaimana efek bokeh bekerja

Selama beberapa dekade, hanya potret atmosfer efek bokeh yang indah yang dapat diambil dengan sensor gambar besar dan lensa panjang fokus. Selama beberapa tahun terakhir, ponsel pintar telah belajar membuat efek latar belakang yang kabur menggunakan perangkat lunak. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu bokeh dan bagaimana ponsel cerdas meniru efek ini dan pendekatan berbeda yang dimilikinya.

Tentang fokus dan blur kamera

Pertama, saya ingin membahas konsep fokus dan keburaman, dan untuk tujuan ini, demi kesederhanaan, pertimbangkan lensa sebagai lensa unik. Semakin besar diameter lensa ini, semakin cepat berkas dilepaskan pada strip berkas berikutnya. Hasilnya, objek yang tidak fokus tidak lagi direpresentasikan sebagai titik, tetapi sebagai lingkaran yang menjadi lebih besar seiring dengan bertambahnya diameter lensa. Setelah salah satu lingkaran ini menjadi lebih besar dari piksel pada sensor, bagian gambar yang dipermasalahkan tidak lagi dalam fokus.

Selain diameter lensa, panjang fokus lensa juga berperan. Semakin besar panjang fokusnya, semakin selektif fokusnya. Hal-hal yang mungkin Anda ketahui, mis. 24 atau 26 milimeter dari lembar data bukanlah panjang fokus sebenarnya dari lensa; Panjang fokus setara dengan 35 mm seperti yang ditentukan di sini. Ini menggambarkan panjang fokus bahwa lensa kamera dengan sensor 36 x 24 milimeter harus mencapai sudut pandang yang sama dengan kombinasi sensor lensa pada smartphone. Panjang fokus sebenarnya dari lensa sudut lebar smartphone berkisar antara 4,0 hingga 4,5 milimeter.

Satu hal yang jelas tentang lensa mini dan panjang fokus pendek: Depth of field selalu bagus di smartphone, dan itu tidak membantu bahwa smartphone memiliki lebih sedikit kekacauan daripada kamera refleks lensa tunggal karena ini adalah piksel kecil. Saya sengaja mengabaikan salah satu faktor yang memengaruhi depth of field: jarak dari subjek – semakin dekat jarak, semakin dalam depth of field. Kebanyakan orang melihat efek foto makro di ponsel cerdas.

Baca juga: