Perbedaan Pendapatan dan Keuntungan

Dalam percakapan sehari-hari penggunaan dan keuntungan umumnya sering dipahami atau dirata-ratakan. Pada saat itu, kedua hal ini sangat berbeda dalam pemahamannya tentang persamaan akuntansi dasar. Penyalahgunaan kata terkadang menimbulkan kebingungan bagi pemula tentang investasi dan bisnis. Perbedaan antara pendapatan dan laba menurut fakta akuntansi harus dipahami. Pendapatan dan laba mengacu pada uang yang dihasilkan perusahaan karena itu mungkin perusahaan yang menghasilkan pendapatan, tetapi memiliki kerugian bersih. Ini terjadi ketika hutang atau penarikan lebih besar atau melebihi pendapatan. Uraiannya adalah sebagai berikut.

1. Pengertian Pendapatan dan Laba

a. Arti Penghasilan

Pendapatan adalah jumlah total dana yang dihasilkan dari penjualan barang atau jasa yang merupakan kegiatan operasional perusahaan besar. Jika sebuah perusahaan menjual sepatu yang terbuat dari keuntungan atau uang yang dijual dari penjualan sepatu sebelum menghitung biaya. Jika perusahaan juga mendapatkan uang dari investasi atau kegiatan lain, itu bukan apa-apa karena bukan dari menjual sepatu. Penghasilan tambahan dari berbagai jenis biaya harus dihitung dan dicatat secara terpisah.

b. Definisi Profit

Keuntungan yang biasa disebut laba adalah jumlah pendapatan yang tersisa setelah dikurangi semua biaya, hutang, tambahan arus pendapatan, dan biaya operasional. Kata keuntungan ditampilkan dalam konteks laba dan laba operasi yang ada di antara garis atas dan bawah. Laba kotor adalah penghasilan yang telah dipotong dari harga jual pokok (HPP). Laba operasi adalah laba kotor kurang dari semua biaya tetap dan variabel lain yang terkait dengan operasi bisnis seperti sewa, utilitas, dan upah.

2. Catat dalam Jenis Laporan Keuangan

Sebuah. Pendapatan

Penghasilan atau penghasilan ditampilkan di atas laporan laba rugi yang memuat jumlah uang yang terjual dari hasil penjualan produk atau jasa yang merupakan kegiatan operasional perusahaan. Pendapatan yang dicatat biasanya dikurangi dengan pengembalian atau diskon yang tersedia sebagai cara membuat laporan keuangan. Pendapatan juga diberikan sebagai nirlaba yang dibuat selama periode waktu tertentu karena jumlahnya mungkin mewakili jumlah sisa pendapatan asli setelah dikurangi semua biaya dan pendapatan tambahan. Biaya yang timbul antara lain adalah penjualan pokok, biaya operasional seperti sewa, utilitas, gaji, bunga yang dibayarkan atas hutang, biaya depresif dan amortisasi, biaya pajak, dan biaya darurat akibat kejadian luar biasa seperti hukum.

b. Mupangate

Laba merupakan dasar dari laporan laba karena merupakan hasil akhir setelah dikurangi beberapa hal seperti pengeluaran, biaya, dan pajak. Keuntungan dalam fungsi akuntansi diperoleh dari selisih harga jual dan produksi. Hubungan antara laba dan laba terlihat dalam bentuk laba yang menunjukkan “Laba” sekaligus “laba” dalam akuntansi. Keuntungan adalah akun yang paling penting karena margin keuntungan yang diharapkan cukup besar untuk mewakili perusahaan secara keseluruhan. Akan tetapi teori akuntansi sampai saat ini belum mencapai kestabilan dalam arti dan pengukuran laba sehingga masih terdapat perubahan dalam perkembangan akuntansi.

Sumber: blog.malavida.co.id