Manfaat Beras Hitam

Nasi hitam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Secara historis, nasi ini digunakan sebagai makanan oleh raja-raja. Di Cina dulu disebut nasi larang (nasi terlarang). Karena saat itu hanya keluarga pemerintah yang bisa menggunakannya

Beras umumnya ada tiga jenis, yaitu beras putih (Oryza sativa), beras merah (Oryza glaberrima) dan beras hitam (Oryza sativa L. indica). Dari varietas ini, nasi putih paling banyak dikonsumsi dan kemudian nasi merah.

Di Indonesia orang lebih tahu tentang ketan hitam dibanding beras hitam. Warna sama dengan warna hitam, beras hitam berbeda dengan beras ketan hitam. Begitu juga dengan kandungan nutrisinya. Sifat dan teksturnya mirip dengan nasi biasa dibandingkan beras ketan.

Dari segi rasa, nasi hitam kecil memang tidak “pulen” seperti nasi putih. Untuk memasak, Anda membutuhkan udara lebih banyak dan lebih lama. Setelah matang, nasi ini memiliki aroma yang kuat untuk merangsang nafsu makan.

Kegunaan beras hitam

Jika membaca literatur yang tersebar di dunia maya, beras hitam disebut sebagai obat untuk segala sesuatu yang dapat menyembunyikan segalanya. Tapi apakah itu benar? mari kita lihat lagi.

Nasi hitam adalah makanan, bukan obat. Itu hanya bisa menjadi obat dalam keadaan tertentu. Seperti halnya makanan pada umumnya, lebih bermanfaat mencegah penyakit daripada menyembuhkannya. Manfaat utamanya juga adalah:

  • Mencegah penyakit kanker. Bermanfaat untuk mengatasi kanker karena kandungan antosianinnya yang tinggi. Dengan banyak penelitian, antosianin ini merupakan antioksidan kuat. Seperti diketahui, antioksidan berperan aktif dalam penyakit kanker.
  • Mencegah penyakit diabetes. Harga kalorinya lebih murah dibandingkan bahan beras lainnya, yakni sekitar 362 kkal per 100 gram. Kandungan kalori ini terkait dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan bahwa banyak makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemiknya, semakin banyak makanan saya yang menyebabkan gula darah semakin tinggi.
  • Sampai saat ini nasi ini tergolong makanan sehat dan khusus untuk penderita diabetes.
  • Mencegah penyakit jantung. Sega merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini karena rasa sedikit uang, bukan seluruh nasi putih. Setiap pola makan yang banyak mengandung serat, pasti akan aktif menjaga kesehatan jantung Anda.
  • Anemia Obat. Kandungan zat besi tinggi hingga 15,52 ppm. Zat besi adalah salah satu zat tidak penting dalam aliran darah (hemoglobin). Oleh karena itu, makanan tinggi zat besi dikhususkan untuk penderita anemia.
  • Anti aging (anti aging). Ini masih terkait dengan kandungan antioksidan yang berperan dalam kerusakan sel tubuh. Sampai saat itu, sel-sel tubuh cepat pulih, tampak lebih bugar dan awet muda.

Jenis dan karakteristik beras hitam

Jenis beras hitam di Indonesia berasal dari berbagai macam kultivar. Cara petani mengambil dari warisan turun-temurun mereka. Beberapa pembersihan beras hitam menyebar di pasar.

Bibit hitam yang banyak tersebar di pasaran adalah Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), Cibeusi (Subang), Toraja (Sulawesi). Jenis beras hitam ini secara umum memiliki ciri fisik sebagai berikut:

  • Butir beras hitam. Warna hitam diatur secara genetik oleh warna aleuron dan komposisi penderita dalam endospermia. Aleuron dan endospermia menghasilkan antosianin yang menyebabkan warna ungu. Karena kadar antosianin yang tinggi ini, warna ungu berubah menjadi hitam. Antosianin merupakan antioksidan esensial sebagai anti kanker.
  • Warna gandum coklat. Meski berwarna hitam dan putih, bulirnya tetap berwarna cokelat seperti beras biasa. Hanya saat mengisi butiran biji-bijian iklan hitam, tetapi lagi-lagi berubah menjadi coklat saat matang. Ini berbeda dengan beras ketan hitam dan juga nasi hitam.
  • Tanaman itu berumur panjang. Secara umum keterbatasan perkembangan padi hitam adalah lama panen bisa memakan waktu hingga 200 hari. Namun ada beberapa varietas dewasa (umur panen pendek), yang bisa dipanen dalam waktu 4 bulan. Sayangnya benih tersebut masih sulit ditemukan dan meski tidak ada yang pasti stabil.
  • Sikap panen tinggi. Beras hitam lokal nusantara memiliki postur panen yang kuat. Tingginya bisa mencapai 2 meter. Namun, beberapa penyeberangan sekarang tersedia untuk panen yang lebih singkat.