Cara Mengajari Anak Menulis

Beberapa orang tua bisa memiliki waktu di usia sekolah atau sekolah dasar (SD), pertanda pasti bahwa seorang anak tidak diajari menulis. Keterampilan yang telah dikembangkan secara otomatis ini dapat dipraktikkan selama belajar di sekolah. Nyatanya, bahkan ketika mereka duduk di bangku sekolah dasar, kebanyakan anak masih perlu diajari menulis dengan baik. Tidak hanya cara menulis, tapi juga membantu anak menulis. Lantas, bagaimana cara Anda mengajari anak menulis pada usia sekolah?

Hambatan yang dapat menghalangi anak untuk dapat menulis dengan baik
Kalaupun bisa menulis, bukan berarti anak SD tidak harus belajar menulis. Menurut legenda, masih ada kendala tertentu yang masih dialami anak Anda. Hal ini biasanya membuat tulisan anak tidak terbaca. Jika dibiarkan, dapat memicu kegiatan belajar selama sekolah.

Sebagai orang tua, Anda harus melihat kesulitan yang bisa dialami anak saat menulis, seperti:

  • Masih suka menggerakkan tangan antara tangan kanan dan kiri saat menulis.
  • Menulis sangat lambat, butuh banyak waktu.
  • Kesulitan menulis huruf tertentu dengan benar.
  • Cara seorang anak menulis sambil menulis terlihat berbeda dan tidak umum.
  • Tak ada minat, aktivitas tambahan yang mengharuskannya menulis.
  • Tulisannya bagus sehingga tidak terbaca.
  • Tidak dapat mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru saat menulis.
  • Gejala yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa meskipun Anda sudah menjadi siswa sekolah dasar, Anda tetap perlu mengajari anak Anda menulis dengan cara yang benar.

Bagaimana cara mengajari anak menulis dengan baik dan rapi

Open Raise Children, bagaimana berikut ini dapat membantu Anda mengajari anak membuat tulisan tangan yang baik dan bagus.

1. Sediakan tempat yang cocok untuk pelatihan anak
Salah satu cara untuk mengajari anak menulis tulisan tangan yang baik adalah dengan memberi mereka ruang yang nyaman. Pastikan anak bisa berlatih menulis di kursi stabil dengan meja persegi yang sejajar dengan pusar anak.

Jangan menggunakan kursi atau papan tulis yang terlalu tinggi karena posisi anak saat belajar menulis dapat mempengaruhi tulisannya.

2. Minta bantuan dari guru di sekolah
Cara lain untuk mengajar anak-anak menulis panggilan kepada guru. Pasalnya, saat kamu bersekolah, kamu tidak bisa menemani mereka. Oleh karena itu, Anda harus membantu para guru di sekolah untuk mengawasi anak dengan menulis.

Misalnya, meminta guru di sekolah untuk memberikan makalah latihan olahraga kepada Anda, anak mungkin lebih antusias melakukan latihan menulis di rumah.

3. Tuliskan setiap huruf terlebih dahulu
Cara efektif selanjutnya untuk mengajari anak menulis adalah Anda harus menulis setiap huruf sebelumnya. Tunjukkan anak itu dari sisi surat itu. Jika perlu, buat pola dengan menggunakan titik-titik yang menyusun setiap huruf, sehingga anak bisa menulis polanya.

Selain itu, Anda dapat membantu anak Anda menemukan huruf tersebut dengan cara menarik, seperti bernyanyi atau bermain.

Dengan cara ini, anak mungkin tidak akan pernah bisa menulis dengan pola yang telah dibuat, sehingga tulisan jauh lebih baik dan nyaman untuk dibaca.

4. Tentukan waktu
Banyak olahraga membuat anak menjadi lebih biasa. Oleh karena itu, penggunaan waktu yang tersedia mencakup cara mengajar anak menulis secara efektif. Lagipula, tulisan tangan juga punya manfaatnya. Semakin sering seorang anak berlatih menulis, semakin sering pula anak menulis dengan baik.

Ada banyak ide menarik yang bisa diberikan sebagai cara untuk mengajari anak menulis. Misalnya, minta anak Anda untuk menulis surat kepada kakek neneknya, menulis surat ulang tahun untuk temannya, dan sebagainya.