Waktu Dan Solusi Yang Tepat Dalam Menanggulani Pemukiman Kumuh

Waktu Dan Solusi Yang Tepat Dalam Menanggulani Pemukiman Kumuh

Waktu Dan Solusi Yang Tepat Dalam Menanggulani Pemukiman Kumuh

Waktu Dan Solusi Yang Tepat Dalam Menanggulani Pemukiman Kumuh

  1. Waktu Yang Tepat Untuk Menanggulani Pemukiman Kumuh

Berbicara tentang waktu yang tepat dalam membenahi pemukiman kumuh,waktu yang tepat adalah dimana pihak pemerintah sudah siap terhadap pemindah lokasian pemukiman tersebut ketempat yang layak huni seperti rumah susun, dan lainya. Serta terjalin komunikasi yang baik dan sepaham dari pemerintah terhadap masyarakat pemukiman penduduk yang akan di pindah lokasikan ke tempat yang lebih layak.

  1. Solusi Yang Tepat Untuk Menanggulani Pemukiman Kumuh

Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulani pemukiman kumuh, sebagai berikut:

  1. Membangun rumah susun. Dengan adanya rumah susun, baik Rusunawa maupun Rusunawi, masyarakat yang masih tinggal dipemukiman kumuh ini dapat tinggal di rumah susun ini. Terutama dapat menghemat lahan pemukiman.
  2. Program perbaikan kampung.
  3. Melalui program penanggulangan kemiskinan di perkotaan (P2KP). Diarahkan untuk pembangunan jalan lingkungan dan tempat mandi, cuci, kakus (MCK) dipemukiman serta pembangunan dan perbaikan drainase. Tetapi hal ini belum didukung oleh biaya yang memadai. Sehingga tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Program RPIJM (program jangka menengah). Kondisi saat ini program tidak aktif, akibatnya kurang rencana strategis Renstra (program bidang cipta karya). Program ini berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih, sanitasi danĀ  pengolahan persampahan serta drainase.
  5. Memberikan penyuluhan tentang dampak tinggal di pemukiman kumuh ini. Minimnys sosialisasi yang di lakukan pemerintah berdampak timbulnya masalah. Salah satunya adalah mewabahnya penakit. Karena kebanyakan pemukiman ini lingkunganya kotor sehingga tidak terlepas darii penyakit. Maka daripada itu pemerintah harus dapat memberikan penyuluhan tentang dampak yang ditimbulkan dari pemukiman kumuh ini agar masyarakat bisa sadar dan peka terhadap bahayanya tinggal di pemukiman kumuh.

Upaya yang dilakukan pemerintah kota dalam menangani masalah-masalah pemukiman kumuh belum maksimal dan masih banyak lagi yang perlu dibenahi, terlebih sosialisasi terhadap masyarakat. Bisa kita ambil contoh dari bapak Jokowi sewaktu menjabat menjadi walikota Jakarta dengan cara meninjau langsung tempat yang dianggap kumuh lalu memberikan sosialisasi secara kekeluargaan merupakan cara yang cukup moderen dalam penanggulangan pemukiman kumuh.


Sumber: https://airborn.co.id/instagram-uji-fitur-repost-dan-stiker-gif/