Penggunaan Teori Kombinatorial dalam Analisis Genetika Mendelian

Penggunaan Teori Kombinatorial dalam Analisis Genetika Mendelian

Penurunan sifat Mendelian dalam hukum segregasidan pemilahan independen Mendel menggambarkanaturan probabilitas yang serupa dengan kasus pelemparan koin atau dadu.Skala probabilitas berkisar antara angka dari 0 sampai1. Suatu kejadian yang sudah pasti akan terjadimempunyai nilai peluang 1, sedangkan kejadian yangpasti tidak akan terjadi memiliki nilai peluang 0. Misalkan pada pelemparan koin yang kedua sisinyagambar, maka peluang munculnya gambar adalah 1dan peluang kemunculan angka adalah 0. Namun, jika koin tersebut terdiri dari dua sisi, sisi gambar danangka, maka peluang kemunculan angka dan gambarmasing-masing adalah ½.Percobaan lain yang serupa dengan pelemparan koinmisalnya pelemparan dadu. Probabilitas keluarnya angka 2 dari sebuah dadu bersisi enam sama dengan 1/6, artinya memiliki peluang muncul 1 dari 6kemungkinan kemunculan. Semua kemungkinan hasilyang diperoleh dari suatu kejadian harus memilikitotal nilai probabilitas 1.Jika kita tinjau lagi persoalan melempar koin di atas,dapat kita tarik kesimpulan bahwa hasil daripelemparan koin pada percobaan tertentu tidak dipengaruhi percobaan lainnya, baik oleh pelemparansebelumnya atau sesudahnya. Fenomena percobaanberurutan ini tergolong aplikasi aturan penjumlahan.Jika percobaan pelemparan dilakukan secarabersamaan untuk banyak koin sekaligus, kemunculangambar atau angka pada satu koin tidak mempengaruhi kemunculan koin yang lain. Dalamkasus ini, aturan perkalian yang berlaku. Keduacontoh percobaan di atas adalah kejadian yang salingindependen.Perhatikan gambar pelemparana koin yangdianalogikan dengan penurunan sifat Mendelian berikut ini :

  1. Penggunaan Aturan Perkalian

Untuk mendapatakan probabilitas k seperti pada pelemparan koin denuang, kita harus menghitung nilai prkejadian secara independen, mengalikannya. Dengan aturan perkedua koin akan jatuh dengan sisiberasal dari ½ dikalikan ½. Penyilangan F1 mirip dengan permainan peluang warna bunga adalah karakter yandan genotip dari F1-nya adalah genotip F2 akan berwarna putih aturan perkalian. Untuk mendapatputih, kedua alel, dari sperma memiliki alel p. Pada tanaman hegamet, peluang masing-masing me½. Jadi, probabilitas warna putih dengan kata lain alel pp muncul. Aturan perkalian dalam hal ini mnilai peluang dari dua kejadian sesuai dengan definisi aturan perdijelaskan penulis di atas.

  1. Penggunaan Aturan Penjumlahan

Sekarang kita tinjau masalah probdari penyilangan monohybrid Gambar 2. memperlihatkan carberkombinasi untuk mendapatkan heterozigot. Alel dominan dapatmaupun sperma, begitu pula. Berdasarkan aturan penjumlahan, kejadian yang dapat terjadi dalam adalah jumlah probabilitas matersebut. Maka peluang munculnya heterozigot, maka caranya adalah ¼.

  1. Penggunaan Aturan Perkalian Penjumlahan dalam Genetika

Kejadian bersamaan dua sisi maka probabilitas tiap-tiap kemudian barudikalikan, probabilita sambar sebesar ¼, angan monohybrid koin ini. Misalkan dapat diturunkan p , maka peluangita dapatkan darikan bunga warnadan ovum, harusterozigot (dua seliliki alel p adalahakan muncul ataualah ½ x ½ = ¼.nggabungkan duayang bersamaan,alian yang sudah han bilitas tanaman F2 kan heterozigot.a-cara gamet F1 suatu hasil yang berasal dari ovumgan alel resesif.eluang dari suatuua cara atau lebihsing-masing caragenerasi F2 yang+ ¼ = ½.

Misalkan, peenyilangan dua vayang berbeda dalam tiga karakteberikut: varietas pertama berbungdan berwarna kuning (heterozigotsedangkan varietas 2 juga berbukeriput, dan berwarna hijau (heterbunga, homozigot untuk dua kasimbol Mendel, hasil penyilangan PpYyRr X Ppyy . Untuk menghitung bagian dari diprediksi akan memperlihatkaminimal dua dari tiga sifat yamenggunakan aturan penjumlahMula-mula, kita membuat daftar smungkin muncul, yaitu ppyyRPPyyrr, dan ppyyrr

. Selanjutnya perkalian untuk menghitung pelusetiap genotip dari penyilangan. Kemudian digunakan aturanmenggabungkan peluang yang msifat resesif tadi.

Sumber :

https://obatwasirambeien.id/asus-zenfone-4-selfie-lite-meluncur-di-filipina/