Pengertian Badan Legislatif

Pengertian Badan Legislatif

Pengertian Badan Legislatif

Pengertian Badan Legislatif

Lembaga legislatif adalah

sebuah lembaga yang mewakili seluruh rakyat dalam menyusun undang-undang serta ikut mengawasi atas implementasi undang-undang yang ada oleh badan eksekutif yang mana setiap anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.

            Lembaga legislatif dikenal dengan sebutan berbagai macam nama seperti parlemen, kongres atau asembli nasional.

Legislatif adalah sebuah lembaga pemerintahan yang mempunyai fungsi umum untuk membuat undang-undang. Masyarakat ingin memiliki hak mereka secara utuh tanpa merasa terancam dari gangguan luar, untuk itu perlu dibuat suatu undang-undang. Undang-undang ini juga bertujuan agar kehidupan masyarakat disuatu negara seimbang dan mengurangi terjadinya konflik diantara sesama masyarakat. Pada zaman orde baru atau zaman kepemimpinan Presiden Soeharto, badan legislatif lebih condong ke eksekutif. Pada zaman orde baru, lembaga legislatif seperti DPR/MPR lebih banyak menjalankan program pemerintahan daripada mendengarkan aspirasi rakyat. Dalam membuat undang-undang, ada beberapa proses yang harus dilewati. Proses pembuatan undang-undang itu antara lain yang pertama adalah  proses input yakni opini-opini masyarakat ataupun kesepakatan bersama yang telah disepakati masyarakat lalu diakomodir oleh lembaga legislatif, contohnya di Indonesia adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Lalu, kesepakatan-kesepakatan ini diproses atau dikonversi oleh lembaga legislatif untuk kemudian dirundingkan secara bersama oleh para wakil rakyat. Setelah itu, kesepakatan yang telah disetujui oleh anggota legislatif dikeluarkan menjadi undang-undang (output) yang nantinya output ini akan kembali lagi ke masyarakat itu sendiri. Output ini diserahkan kepada  badan eksekutif yang bertugas untuk melaksanakan undang-undang yang telah dibuat oleh legislatif


Baca Juga :