Manfaat Media PembelajaranBerbentuk Jam

Manfaat Media PembelajaranBerbentuk Jam

Manfaat Media PembelajaranBerbentuk Jam

Manfaat Media PembelajaranBerbentuk Jam

Memilikibeberapamanfaatyang dapatmengembangkankemampuanpesertadidikkhususnyaanakusiadinidalam proses kegiatanbelajarmenggunakan jam sebagai media pembelajarnya, diantaranya :

  1. a)

Melalui media iniakandapatmembantuanakuntukdapatmengenalberbagaimacamwarna, berbagaiwarna-warna yang menarik yang adadalam jam akandapatanakketahui. Serta anakdapatbelajarangka-angka yang adapada jam, di karenakan media yang di gunakanpadasaatiniadalah jam, makaangka yang dapatanakketahuiayaitu yang menunjukkanpada jam, yakni 1 – 12. Sehinggadalamhalinikemampuankognitifnyaakanlebihbaiklagi.

  1. b)Belajarberhitung

Jam yang di gunakansebagai media pembelajaranini, akandapatmembantukemampuananakuntukberhitung. Dalam media ini, setiapangkaakanadabenda-benda yang menyatakanjumlahnya. Misalpadaangka 12, makaakanadapensil yang menyatakanjumlahsesuaidenganangka 12, dankemudiandapatanakhitungjumlahnyaitu. Dalamkegiataninikemampuankognitifanakdapatjugadikembangkan.

  1. c)Dapatbelajarmengetahuinamabenda, hewandanbuah

Seperti yang telahdijelaskanpadamanfaatsebelumnya, bahwasetiapangkaadaberbagaimacamgambarbenda-benda, hewansertabuah-buahan yang jumlahnyasesuiadenganangkatersebut.Sehinggaakanmembantuanakuntukmengenalberbagaimacamgambarbenda, hewan, danbuah, sepertigambaradagambarpensil, tas, bebek, kupu-kupu, pisang, jeruk, dan lain-lain.

  1. d)Mengembangkankemampuanbahasaanak

Melalui media jam ini, makaanakdapatmenyebutkanberbagaimacamangkasertaberbagaimacamgambar yang ada, secaratidaklangsungakandapatmelatihkemampuanberbahasaanakmenjadilebihbaiklagi.

  1. e)Mengembangkankemampuanmotorikanak

Karena media yang digunakanadalah jam, makatidakterlepasdari yang namanyajarum jam sebagaipenunjukwaktu. Anakdapatmemainkanjarum jam tersebutdengancaramemutar-mutarkannya, sehinggadalamhalinikelenturanjari-jarianakakanlebihbaiklagi, bisajugadengancaraanakmenggambarkandanmewarnaigambarapasaja yang merekasukai yang adapadajam tersebut, untukdapatmelatihkemampuanmotoriknya.

  1. f)Belajarmengenalwaktumelalui jam

Kita jugadapatmengenalkanwaktupadaanak, tidakhanyasekedarwaktupagi, siangdanmalamsaja.Namundalamhalinikitadapatmenyertakanwaktutersebutdenganjamnya.Misalpada jam 06.00 adalahpagidanwaktunyautukbanguntidurlalumandi.

  1. g)Meningkatkandayafikirdanimajinasianak

Melalui media inianakdapatmengembangkandayafikirnyasertaanakmulaibelajarberfikirabstrak, sehinggaimajinasinyaakanmeningkat.





BAB 3

PENUTUP

3.1        Kesimpulan

Pengertian media dalampembelajaranadalahsegalabentukalatkomunikatif yang dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesan/informasidarisumberkepadaanakdidikyanngbertujuan agar dapatmerangsangpikiran, perasaan, minatdanperhatiananakdidikuntukmengikutikegiatanpembelajaran.

Peran media dalam proses belajarmengajaradalah; a) MemperjelasPenyajianPesandanMengurangiVerbalitas; b) MemperdalamPemahamanAnakDidikterhadapMateriPelajaran; c) MemperagakanPengertian yang AbstrakkepadaPengertian yang KoonkretdanJelas; d) MengatasiKeterbatasanRuang, WaktudanDayaInderaManusia.

Manfaat media pembelajaranmenggunakan jam, diantaranya; a)mengenalkonsepwarnadanangka; b)  belajarberhitung; c) dapatbelajarmengetahuinamabenda, hewandanbuah; d) mengembangkankemampuanbahasa; e) mengembangkankemampuanmotorik; f) belajarmengenalwaktumelalui jam; g) meningkatkandaya piker anakdanimajinasianak.

Sumber :

https://robinschone.com/droidjoy-gamepad-apk/