Kategori Usaha Eceran Non toko

Kategori Usaha Eceran Non toko

Penjualan Langsung

Disebut juga penjualan multilevel dan pemasaran jaringan, dengan ratusan perusahaan menjual dari pintu ke pintu atau kegiatan penjualan di rumah. Contoh: Amway yang memberi kompensasi persentase penjualan.

  1. Pemasaran Langsung

Yakni pemasaran surat langsung (pemasaran jarak jauh atau telemarketing, pemasaran televisi respon langsung dan belanja elektronik) dan catalog. Contoh: Amazon.com sebagai situs penjualan  online yang sukses.

  1. Mesin Otomatis

Menawarkan berbagai barang, seperti minuman ringan, kopi, permen, surat kabar,majalah, dan lain-lain di berbagai tempat. Contoh: Di Jepang, negara dengan mesin otomatis terbanyak, Coca Cola memiliki lebih dari 1 juta mesin.

  1. Layanan Pembelian

Yakni pengecer tanpa toko yang melayani klien tertentu (biasanya karyawan organisasi besar) yang ingin membeli dari sejumlah pengecer yang setuju memberi diskon sebagai imbalan keanggotaan.

Lingkungan Eceran Baru. Contohnya, Whole Foods Market, gerai makanan yang memberi contoh lingkungan eceran baru seperti karyawan yang siap membantu dan produk yang unik.

  1. Perkembangan Lingkungan Eceran Lainnya
  2. Bentuk dan Kombinasi Eceran Baru

Contoh: Loblaw’s Supermarkets  yang menambahkan klub kebugaran di toko.

  1. Pertumbuhan Persaingan Antarjenis

Contoh: Department store yang harus bersaing dengan jenis toko berbeda seperti toko diskon dan ruang pamer katalog karena memiliki konsumen yang sama dengan menjual jenis barang yang sama.

  1. Persaingan antara Pengecer Berbasis Toko dan Nontoko

Contoh: Kmart yang memperluas bisnis dengan membuka penjualan online.

  1. Pertumbuhan Pengecer Raksasa

Contoh: WalMart, supercenter yang menggabungkan  barang makanan dan pilihan barang bukan makanan.

  1. Penurunan Pengecer Pasar Menengah

Contoh: Kohl’s memperoleh kesuksesan saat memasukkan nama-nama trendi seperti Vera Wang dan majalah Elle untuk merancang lini eksklusif.

  1. Profil Global Pengecer Utama

Kini banyak pengecer dengan format unik dan positioning merk yang kuat di Negara lain. Contoh: hipermarket ,Carrefour dari Perancis.

 

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/