Hukum dan Nilai-nilai Sosial-Budaya

Hukum dan Nilai-nilai Sosial-Budaya

Hukum dan Nilai-nilai Sosial-Budaya

Hukum sebagai kaidah atau norma sosial, tidak terlepas dari nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat, dan bahkan dapat dikatakan bahwa hukum itu merupakan percerminan dan konkritisasi daripada nilai-nilai yang pada suatu saat berlaku dalam masyarakat. Misalnya, Hukum waris daerah Tapanuli menentukan bahwa seorang janda bukanlah merupakan ahli waris bagi suaminya, oleh karena janda dianggap sebagai orang luar (keluarga suaminya).

  1. Kepastian hukum dan kesebandingan

Kepastian hukum dan kesebandingan merupakan dua tugas pokok daripada hukum. Walaupaun demikian, seringkali kedua tugas tersebut tidak dapat ditetapkan sekalgus secara merata. Dilema ini merupakan tema yang menarik bagi penelitian sosiologi hukum.

  1. Peranan Hukum sebagai Alat untuk Mengubah Masyarakat

Perubahan merupakan sesuatu yang tak terhindarkan. Di dalam proses perubahan, biasanya ada satu kekuatan yang menjadi pelopor perubahan (agent of cange). Kita mengenal berbagai kemlompok sosial sebagai agen perubahan, misalnya pemerintah, sekolah, organisasi politik, dsb. Bagaimanakah dengan hukum? Sampai sejauh manakah peranan hukum dalam mengubah masyarakat ?