6 Langkah Efektif Mencegah Penularan Corona / Covid-19

6 Langkah Efektif Mencegah Penularan Corona Covid19

6 Langkah Efektif Mencegah Penularan Corona / Covid-19

6 Langkah Efektif Mencegah Penularan Corona Covid19

    1. Boleh Waspada, Jangan Panik. Perdalam Informasi Mengenai Covid-19

Was-was? Boleh. Panik? Jangan. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah antisipasi secukupnya, tidak perlu terlalu panik atau parno sampai-sampai seluruh handsanitizer di supermarket diborong habis-habisan. Cukupkan dahulu diri kamu mengenai informasi seputar Covid-19, mulai dari awal mulanya, cara penyebarannya, inangnya, juga penanganannya.

    2. Rajin Mencuci Tangan Dengan Benar!

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh apapun, ini sangat penting karena virus ini dapat bertahan di benda mati selama 3 hari. Berikut adalah tips mencuci tangan dengan baik dan benar:

  • Cuci tangan dengan Air mengalir
  • Gunakan sabun Anti-Septik demi hasil yang lebih baik
  • Cuci tangan selama minimal 20 detik
  • Pastikan semua bagian tangan mulai dari telapak, sela-sela, hingga punggung tangan mendapatkan sabun dan air.

Handsanitizer dapat membantumu ketika kamu tidak bisa menemukan air disekitar. Namun, beberapa hari ini handsanitizer sangat susah untuk ditemukan, hal ini dikarenakan masyarakat memang sangat membutuhkan, dan beberapa diantaranya sangat panik hingga membeli semua persediaan toko.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat Handsanitizer kamu sendiri di rumah, berbekal beberapa bahan yang dapat ditemukan bebas, kamu tidak perlu lagi menunggu dan berebut stok handsanitizer di supermarket atau toko. Baca artikelnya di sini >> Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Ala Kamu

    3. Hindari Keramaian dan Event Publik Sementara Waktu

Dalam rangka untuk mengindari penularannya, kamu bisa beristirahat sejenak untuk tidak mengunjungi keramaian atau event-event yang sedang berlangsung. Jangankan kamu sendiri, penderitanya saja mungkin tidak akan menyadari bahwa Ia telah tertular virus Covid-19. Ia bahkan dengan santainya berkeliling kota, mengunjungi tiap keramaian dan tidak menggunakan masker. Bahkan beberapa diantara mereka yang tertular, dengan kesadaran diri mereka, mereka malah mengabaikannya, juga orang-orang disekelilingnya. Keegoisan tersebut tentu saja tidak dapat terhindarkan dari penularan virus tersebut.

Oleh karenanya, pemerintah meliburkan sekolah-sekolah di beberapa daerah, juga menunda izin acara-acara yang mengundang keramaian. Kamu bisa menghabiskan masa sekitar 2 minggu di rumah atau kos, selagi pemerintah mencoba untuk menghentikan penularan Corona.

    4. Gunakan Masker

Jika kamu memang harus keluar untuk membeli sesuatu, pastikan untuk selalu menerapkan langkah nomor 2, dan juga menggunakan masker tentunya. Namun, masker sangat sulit ditemukan di beberapa toko bahkan supermarket. Tapi jangan risau dulu, kamu bisa pergi ke rumah sakit terdekat untuk membeli masker. Kamu bisa membeli hingga 2 masker setiap harinya, harganya berkisar di 1.500-an per masker.
Ketika kamu tidak bisa menemukan masker dimanapun dan kamu harus membeli sesuatu di pasar misalnya. Pastikan orang-orang disekelilingmu nampak sehat, tidak lesu dan memiliki gejala Flu dan Batuk. Jika terindikasi beberapa orang mengalami gejala demikian, pastikan jaga jarak setidaknya sekitar 1.5 meter.