Setelah Robot Pintar, Kini Kembangkan USG Jarak Jauh

Setelah Robot Pintar, Kini Kembangkan USG Jarak Jauh

Setelah Robot Pintar, Kini Kembangkan USG Jarak Jauh

Ahli robotika dan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) di

Indonesia mungkin banyak. Namun, yang mendalami dua bidang keilmuan itu bisa jadi masih langka. Salah satunya Wisnu Jatmiko yang baru dikukuhkan sebagai guru besar robotika dan sistem cerdas Universitas Indonesia (UI).

M.HILMI SETIAWAN, Depok

SEBUAH layar monitor dibiarkan menyala di salah satu sudut ruang laboratorium Computer Networks, Architecture, and High Performance Computing (CNAHPC) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UI Jumat (5/1). Monitor itu menunjukkan tayangan langsung CCTV yang dipasang di salah satu sudut jalan raya Lenteng Agung tidak jauh dari kampus UI Depok.

Jika diamati lebih jauh, kamera CCTV yang terhubung dengan komputer itu

tidak sekadar merekam. Tetapi, juga mendeteksi dan menghitung setiap mobil yang melintas. Saban ada mobil yang lewat dan tertangkap CCTV, langsung muncul simbol lingkaran hijau tepat di mobilnya.

Data perhitungan traffic itu kemudian diolah sehingga bisa dibuat untuk

menganalisis kepadatan lalu lintas. Jika dikembangkan lebih lanjut, hal tersebut bisa digunakan untuk menunjang pengaturan traffic light. Di laboratorium itu banyak alat hasil pengembangan ilmu robotika dan kecerdasan buatan. CCTV tersebut hanya salah satunya. Alat lainnya yang saat ini masih masuk tahap riset dan pengembangan adalah Tele-EKG.

 

sumber :

https://merpati.co.id/seva-mobil-bekas/