Keunggulan Kompetitif

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan Kompetitif

Secara umum keunggulan kompetitif (competitive advantage)

dapat dicapai melalui berbagai cara, misal, menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari para pesaing, memenuhi kebutuhan khusu untuk suatu sekmen tertentu.

Pada bidang komputer keunggulan kompetitif diartikan sebagai pemanfaatan informasi untuk mendapatkanleverage di pasaran. Dasar pemikirannya, perusahaan tidak harus sepenuhnya mengendalikan sumber daya fisik yang lebih unggul saatnya terlibat dalam persaingan. Sumber daya konseptual yang unggul ( data dan informasi) dapat digunakan sama baiknya dengan sumber daya fisik lainnya. Manager perusahaan menggunakan sumber daya fisik dan konseptual untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pandangan luas tentang keunggulan kompetitif adalah suatu cara pemanfaatan sumber daya data dan informasi untuk mencapai nilai yang maksimum. Hal ini dapat dicapai denga cara membangun sistem informasi antara organisasi (in terorganizational information system/IOS). IOS menyediakan informasi dua arah kesluruh elemen lingkungan, kecuali pesaing dimana manajemen akan berusaha menciptakan arus informasi masuk dan menekan arus informasi keluar kepada pesaing.

Jenis-jenis sumber daya informasi dapat terdiri atas:

  1. Perangkat keras komputer
  2. Perangkat lunak komputer
  3. Para spesialis informasi
  4. Pemakai
  5. Fasilitas
  6. Basis data
  7. Informasi

Pengelolaan sumber daya informasi adalah menjadi tanggung  jawab semua elemen dalam perusahaan yang menggunakan sumber daya informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif.


Sumber: https://infinidb.org/skilltwins-football-game-apk/