Kelebihan dan Kelemahan Kunci Mobil Canggih Immobilizer

Sekarang ini nyaris semua mobil keluaran terbaru sudah dibekali dengan sekian banyak fitur canggih. Salah satu fitur modern tersebut ialah kunci immobilizer. Kunci mobil ini dirancang memakai sistem enkripsi elektronik sampai-sampai jauh bertolak belakang dari sekian banyak model standar yang pada lazimnya ada.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman menyatakan bahwa meskipun telah dicantumkan dengan teknologi canggih, tetapi kunci immobilizer ini tetap saja mempunyai kelemahan dan kelebihan.

“Keuntungan memakai kunci ini ialah aman. Sebab mobil melulu dapat dihidupkan memakai anak kunci yang telah terdaftar di ECU mobil. Jadi mesin mobil tidak bakal hidup bila dijebol menggunakan obeng,” ucapnya, seperti dikutip laman Viva News.

Sekilas sistem kerja kunci berteknologi modern hampir serupa dengan kunci mobil dengan memakai alarm konvensional. Akan namun yang memisahkan adalah, pada immobilizer ditanamkan suatu enkripsi, yang berarti ada sinyal atau frekuensi yang dapat dikirim, diterima, dan diacak yang hanya dapat diterjemahkan oleh perangkat yang sudah ditentukan sebagai pasangannya.

“Pastinya sulit dibobol, sebab tersebut tadi, bila kunci yang dimasukkan tidak di kenali oleh mobil, maka mesin enggak bakal mau hidup (hanya starter saja yang menyala),” ungkap Iwan.

Berbicara tentang kelemahan, Iwan menuliskan bahwa komponen yang ada pada kunci ini paling mahal daripada kunci biasanya. Karena itu, bila dicantumkan menjadi fitur standar, maka dapat menciptakan harga mobil merasakan peningkatan.

Tidak melulu itu, resikonya pun lumayan tinggi andai sampai kunci immobilizer hilang, karena Anda tidak bisa menduplikatnya secara sembarangan, karena kunci tersambung dengan ECU mobil.

“Kerugian memakai kunci ini tentu ialah biayanya yang lebih tinggi bila dikomparasikan dengan kunci biasa. Akan namun hal ini seimbang dengan guna yang diperoleh oleh empunya kendaraan,” ucap Iwan.

Namun urusan terbaik yang mesti tetap kita lakukan ialah tetap mengawal kunci mobil immobilizer tidak jatuh ke tangan orang lain. Sebab, andai sampai jatuh atau tercecer ke tangan orang lain, maka bukan tidak barangkali dapat disalahpergunakan sehingga menciptakan Anda kehilangan kendaraan khayalan Anda.

Sumber: https://www.intensedebate.com/people/sevaid