Teknologi Pada Telematika

Teknologi Pada Telematika

Table of Contents

Teknologi Pada Telematika

Teknologi Pada Telematika
Teknologi Pada Telematika

Sebelum membahas tentang teknologi yang terkait pada GUI (Grapichal User Interface) yang dalam bahasa Indonesia berarti antarmuka pengguna grafis, ada baiknya memahami apa yang dimaksud dengan antar muka (interface). Pengertian antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka (interface) adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.

Sedangkan Graphical User Interface (GUI) adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (WindowS, Icon, Menu, Pointing device).

Terdapat 6 macam fitur Teknologi yang terkait pada GUI. Fitur-fitur itu antara lain:
1. Head Up Display (HUD)
2. Tangible User Interface
3. Computer Vision
4. Browsing Audio Data
5. Speech Recognition
6. Speech Synthesis

Disamping membahas mengenai teknologi yang terkait pada GUI, berikutnya akan dijabarkan mengenai Wireless dan Terminal yang merupakan salah satu teknologi pada telematika.

Wireless
Wireless biasa disebut nirkabel atau komunikasi nirkabel. Wireless adalah transfer informasi tanpa menggunakan kabel. Jarak yang terlibat mungkin pendek (beberapa meter seperti pada remote kontrol televisi) atau panjang (ribuan atau jutaan kilometer untuk komunikasi radio). Wireless meliputi berbagai jenis baik tetap, mobile, dan portable radio dua arah, telepon selular, Personal Digital Assistant (PDA). Contoh lain dari teknologi nirkabel adalah GPS, pembuka pintu garasi, wireless mouse komputer, keyboard, headset, dll.

Sumber : http://csrid.potensi-utama.ac.id/index.php/CSRID/comment/view/95/0/25603