System Analysis

System Analysis

Table of Contents

System Analysis

System Analysis
System Analysis

Systems Analysis and Design Methods (SADM) adalah suatu pendekatan untuk menganalisa dan merancang suatu sistem inofrmasi. Pendekatan ini dulunya dihasilkan untuk Central Computer and Telecommunication Agency (sekarang bernama Office of Government Commerce), sebuah kantor pemerintahan Inggris yang bergerak di bidang penggunaan teknologi dalam pemerintahan, dari tahun 1980 sampai sekarang. (Structured Systems Analysis and Design Method, 2009).

Tiga teknik penting yang digunakan dalam SADM ini yaitu: a) Logical Data Modeling, yaitu proses pengidentifikasian, pemodelan, dan dokumentasi data yang dibutuhkan dari sistem yang akan didisain. Data-data tersebut dipisahkan dalam entities dan relationship; b) Data Flow Modeling, yaitu proses pengidentifikasian, pemodelan, dan dokumentasi bagaimana data bergerak pada suatu sistem informasi.

Data flow modelling membahas proses (aktifitas yang mentransformasi data dari satu bentuk ke bentuk lain), menyimpan data, external entities (mengirim data ke dalam sistem atau menerima data dari suatu sistem), dan aliran data (rute tempat aliran data); c) Entity Behavior Modeling, yaitu proses pengidentifikasian, pemodelan dan dokumentasi kejadian-kejadian yang mempengaruhi masing-masing entity, dan urutan kejadian ini berlangsung.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam proses analisis dan perancangan sistem ini (Structured Systems Analysis and Design Method, 2009), yaitu:
1. Analysis of the current system (menganalisis sistem yang ada)
2. Outline business specification (garis besar spesifikasi bisnis)
3. Detailed business specification (ditail spesifikasi bisnis)
4. Logical data design (disain data logika)
5. Logical process design (disain proses logika)
6. Physical design (disain fisik)

Menurut O’leary (2006) dalam melakukan analisa dan perancangan suatu sistem informasi, ada beberapa fase yang harus dilalui yang dikenal dengan systems life cycle seperti terlihat pada gambar 1. Dari sana dapat dilihat bahwa ada enam fase, yaitu:
1. Preliminary investigation (investigasi awal)
2. Systems analysis (analisis sistem)
3. Systems design (disain sistem)
4. Systems development (pengembangan sistem)
5. System implementation (implementasi sistem)
6. Systems maintenance (perawatan sistem)

Sumber : https://fgth.uk/monthly-idol-apk/