Koperasi Salah Satu Pilar Ekonomi

Koperasi Salah Satu Pilar Ekonomi

Koperasi Salah Satu Pilar Ekonomi

Koperasi Salah Satu Pilar Ekonomi
Koperasi Salah Satu Pilar Ekonomi

Pengertian Koperasi

Koperasi berasal dari kata co-opera-tion. Cooperation berasal dari dua suku kata yaitu co dan operation. Co memiliki arti bersama-sama dan operation artinya bekerja. Dari asal katanya, koperasi dapat diartikan sebagai usaha bersama dari sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan kepentingan untuk meningkatkan kesejahteraan. Menurut Drs. Mohammad Hatta, koperasi merupakan usahabersama yang kegiatan usahanya di bisang ekonomi yang beranggotakan masyarakat ekonomi lemah dan cara bergabungnya secara sukarela denbgan tujuan untuk memenuhi kebutuhan angotanya. Berdasarkan undang-undang nomor 25 tentang perkoprasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Sebagai sebuah unit usaha bersama, koperasi memiliki dua aspek yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Aspek tersebbut adalah :

  • Aspek sosial
  • Aspek ekonomi

Prinsip-Prinsip Koperasi

Dalam undang-undang no. 25 tahun 1992 dijelaskan tentang prinsip-prinsip koperasi. Menurut undang-undang tersebut, prinsip-prinsip koperasi sebagai berikut :

  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan diselenggarakan secara demokratis
  • Pembagian SHU dilakukan sesuai besarnya jasa tiap-tiap anggota
  • Pemberian batas jasa terbatas pada modal (bunga modal)
  • Kemandirian

Landasan Koperasi

Di dalam undang-undang perkoperasian dinyatakan bahwa landasan koperasi adalah Pancasila (landasan idiil), undang-undang dasar 1945 (ladasan struktural), undang-undang no 25 tahun 1992 (landasan operasional) dan asas kekeluargaan