Sejumlah Pemuda Korea akan Kuliah di Aceh

Sejumlah Pemuda Korea akan Kuliah di Aceh

Sejumlah Pemuda Korea akan Kuliah di Aceh

Sejumlah Pemuda Korea akan Kuliah di Aceh
Sejumlah Pemuda Korea akan Kuliah di Aceh

Indonesia menjadi salah satu tujuan belajar bagi anak muda Korea Selatan (Korsel). Setidaknya ada 28 anak muda Korsel yang segera berangkat ke Indonesia untuk belajar.

Mereka lolos dalam program beasiswa Darmasiswa Korea tahun ini dan akan berangkat ke Indonesia pada tanggal 29 Agustus 2017. Umumnya, mereka akan belajar Bahasa Indonesia di beberapa universitas terkemuka di Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Medan dan Aceh.

Seluruh peserta Darmasiswa Korea tahun 2017/2018 tersebut telah

mengikuti pre-departure briefing di KBRI Seoul pada Selasa (8/8). Fungsi Pensosbud dan Diplomasi Publik KBRI Seoul memberikan penjelasan tentang budaya, ekonomi dan berbagai hal penting tentang hidup di Indonesia.

“Saya siap berangkat ke Indonesia. Tidak ada keraguan sedikit pun. Di mata saya, Indonesia adalah negara yang indah, bagus dan luar biasa,” ujar salah seorang peserta dengan penuh keyakinan.

“Saya ingin belajar Bahasa Indonesia karena melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi ekonomi yang besar,” kata peserta lain.

Peserta juga diberi penjelasan terkait persiapan yang harus dilakukan menjelang keberangkatan seperti visa dan kedatangan. Selain itu mereka juga dibekali informasi mengenai Indonesia dan beberapa kota yang menjadi tujuannya para peserta Darmasiswa.

Minat masyarakat Korea untuk mempelajari Bahasa Indonesia

menunjukkan peningkatan. Hal tersebut terlihat dari besarnya pelamar beasiswa Darmasiswa dari Korea yang mayoritas ingin mempelajari Bahasa Indonesia. Pada tahun lalu terdapat sekitar seratus pelamar program Darmasiswa dari Korea untuk tahun ajaran 2017/2018, namun hanya 28 orang yang lolos seleksi.

“Selain itu, hampir setiap hari KBRI juga menerima permohonan surat keterangan bagi masyarakat Korea yang akan belajar belajar Bahasa Indonesia di Pusat-pusat Bahasa di Indonesia,” ujar Anggun dari KBRI Seoul.

Banyaknya perusahaan Korea di Indonesia juga menjadi penyebab besarnya

minat pelajar Korea untuk dapat bekerja di Indonesia dan mempelajari Bahasa Indonesia. Mereka melihat bahwa kemampuan berbahasa Indonesia akan menjadi nilai tambah dalam persaingan dunia kerja. (DETIK)

 

Sumber :

http://riskyeka.web.ugm.ac.id/sejarah-kerajaan-aceh/