Kebiasaan yang Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

Kebiasaan yang Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

Nah, bagian penunjang apa saja yang berperan urgen dalam proses tumbuh kembang anak? Berikut ulasannya:

Rasa Percaya Diri

Bekal pendidikan memang menjadi bagian utama yang tak boleh berhenti diberikan. Si kecil bakal mendapatkan tidak sedikit pendidikan teori saat duduk di bangku sekolah, namun ia pun memerlukan pendidikan moral dari lingkungan dan kedua orangtuanya. Sejalan dengan itu, Ayah dan Bunda juga tak boleh tak sempat untuk menyerahkan bekal berupa rasa percaya diri pada si kecil.

Percaya diri adalahsatu sifat yang mesti diajar pada si kecil semenjak dini, sebab dengan rasa percaya diri, si kecil bakal tumbuh menjadi individu dengan rasa berani dan pemikiran yang lebih matang. Tak melulu itu, rasa percaya diri ini pun akan menciptakan si kecil menjadi gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kemampuan bersosialisasi pun bakal terbentuk seiring dengan rasa percaya dirinya.

Kreativitas

Kreativitas menjadi bagian kedua yang pun mempunyai pengaruh besar terhadap proses tumbuh kembang anak. Rasa kreatif ini akan hadir seiring dengan kepintaran dan pola pikir si kecil. Kecerdasan yang dipunyai si kecil bakal semakin maksimal andai ia turut mempunyai jiwa kreatif yang tinggi dalam dirinya. Kreativitas berikut yang nantinya akan membawa si kecil menjadi individu yang unik, tekun, dan solutif dalam menghadapi masing-masing masalah.

Ada tidak sedikit cara yang dapat Ayah dan Bunda kerjakan untuk menumbuhkan dan menajamkan kreativitas si kecil. Salah satunya ialah memberikannya mainan asah benak atau puzzle. Kedua jenis mainan ini akan merangsang kinerja benak untuk memecahkan masalah dengan cara-cara yang terbilang baru dan unik.

Kesehatan

Tubuh yang sehat menjadi modal utama supaya proses tumbuh kembang anak berlangsung dengan optimal. Tubuh yang lemah dan rentan terserang penyakit pasti akan menjadi satu hambatan untuk si kecil dalam melakukan sekian banyak aktivitasnya.

Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda perlu tidak jarang kali waspada dan membubuhkan perhatian lebih terhadap kesehatan si kecil. Sajikan makanan yang bergizi dan upayakan si kecil guna selalu membawa bekal ke sekolah supaya tidak menguras uang untuk melakukan pembelian jajan. Perhatikan pula pola istirahat malam si kecil, tidak boleh sampai ia begadang sebab akan menciptakan tubuhnya menjadi lemas.

Rasa Bahagia

Unsur terakhir yang menunjang proses tumbuh kembang anak ialah kebahagiaan. Di era yang serba modern dan canggih ini, orang tua ingin terlalu sibuk bekerja dan tidak cukup menaruh perhatian terhadap kebahagiaan anak-anaknya. Tak jarang pula didatangi pada umur dini, anak-anak sudah dibekali suatu ponsel pintar, yang tanpa disadari malah menjauhkan si kecil dari orang tuanya.

Akan tetapi, si kecil tetap membutuhkan tuntunan dan masa-masa untuk bareng Ayah dan Bunda, meskipun melulu bermain dan bercanda. Oleh sebab itu, sesibuk apa pun, luangkanlah masa-masa Ayah dan Bunda guna bermain bareng si kecil supaya ia tak merasa kesepian.

Sumber : http://rank.2style.net/out.php?id=rinoda&url=https://www.pelajaran.co.id/