Durasi Tidur Anak yang Sesuai dengan Usianya

Durasi Tidur Anak yang Sesuai dengan Usianya

Tidur siang bermanfaat supaya anak bisa beristirahat di sela-sela belajar dan bermain. Anak dapat istirahat dengan lelap dan tidak terbangun di malam hari. Sebaliknya, anak yang tidak istirahat siang akan keletihan dan gampang bangun di malam hari.

Mengatur Pola Tidur yang Tepat guna Anak

Dari durasi istirahat anak tersebut, Anda bisa mengaturnya untuk istirahat malam dan siang hari. Jam istirahat untuk anak umur 1 – 2 tahun dapat ditata maksimal 11 jam istirahat malam dan 2 – 3 jam istirahat siang. Anak kita dapat istirahat sekitar jam 8 malam dan bangun jam 6 pagi. Lalu, siangnya mereka istirahat pukul 12.00 – 15.00.

Biasanya anak susah tidur di siang hari. Mereka lebih memilih bermain. Akan tetapi, tidur paling penting untuk anak. Usia 1 – 12 tahun memerlukan waktu istirahat yang lebih dari 8 jam. Kelebihan itu akan diperoleh dari istirahat siang. Oleh sebab itu, orang tua perlu menata pola istirahat anak dengan baik supaya tercukupi.

Anak-anak yang susah tidur malam dapat dirayu dengan teknik membacakan dongeng. Di sela-sela kita membacakan dongeng, anak bakal teridur lelap. Membacakan dongeng adalahpengantar istirahat yang baik. Kedekatan dengan anak pun akan terjalin sebab dia merasa nyaman istirahat didampingi ayah atau ibu mereka.

Anda dapat pun menerapkan kiat membacakan kisah tersebut sebagai pendahuluan tidur siang anak. Anak bakal menggosok-gosokkan mata dan rewel sesudah sampai di rumah sebab lelah belajar dan bermain di sekolah. Setelah santap siang, tidak boleh biarkan anak kita bermain di luar rumah. Tidurkan mereka di kasur dan berilah kitab cerita andai anak sudah dapat membaca. Dengan sendirinya anak kita akan istirahat dengan nyenyak.

Jangan cemas anak bakal kegemukan dengan istirahat siang. Anak memang mempunyai waktu yang lebih tidak sedikit daripada orang dewasa. Jadi, istirahat siang untuk anak ialah suatu kebutuhan.

Anda dapat mengajak anak untuk istirahat malam pukul 21.00. Anak dibangkitkan jam 5 pagi. Artinya, anak sudah tidur sekitar 8 jam. Lalu, anak dapat istirahat 3 jam pada siang hari selama pukul 12.00 – 15.00. Dengan demikian, durasi istirahat anak sudah terpenuhi selama 11 jam/hari.

Efek Durasi Tidur yang Kurang

Jika anak belum mempunyai durasi istirahat yang cukup, mulai kini Anda dapat menata pola istirahat yang tepat. Jika anak tidak cukup waktu tidur, dia bakal sulit fokus di kelas. Anak Anda bakal mengantuk di kelas. Akibatnya, dia tidak bisa menerima latihan dengan baik. Prestasi sekolahnya dapat saja menurun, bahkan tidak motivasi belajar.

Masa kanak-kanak adalahadalahsaat yang tepat untuk mereka guna bermain dan belajar. Akan tetapi, kita sebagai orang tua pun harus arif untuk mengatur pekerjaan mereka sehari-hari. Apalagi, urusan yang sehubungan dengan durasi istirahat anak. Tidur adalahjenis tidur yang sangat baik. Oleh sebab itu, istirahat yang lumayan merupakan keperluan pokok yang mesti dipenuhi.

Sumber :  http://gb.ieatpe.org.tw/gate/gb/www.pelajaran.co.id/