Diskopar Dumai Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Diskopar Dumai Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Diskopar Dumai Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Diskopar Dumai Gelar Seleksi Paskibraka 2019
Diskopar Dumai Gelar Seleksi Paskibraka 2019

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kota Dumai menggelar seleksi tahap awal Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat SMA/ SMK sederajat yang ada di Kota Dumai, Minggu (3/3/2019) di Halaman Kantor Bersama, Jalan HR. Soebrantas.

Sebelum melakukan seleksi dilapangan, Diskopar juga sudah melakukan seleksi di sekolah-sekolah tingkat SLTA se Kota Dumai dan juga meyurati sekolah untuk mengirimkan anak didiknya guna mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2019.

“Sejak Senin – Jum’at (25/2 – 1/3) kita keliling ke Sekolah melaksanakan seleksi di sekolah dan juga menyurati sekolah untuk mengikutsertakan peserta didiknya maksimal 15 orang guna mengikuti seleksi menjadi anggota Paskibraka Dumai tahun 2019,” ungkap Kabid Kepemudaan Diskopar Dumai,” Norzam, S. Sos, Minggu (3/3/2019).

Lanjutnya, dari 33 sekolah tingkat SMA/ SMK hanya 26 sekolah yang mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2019 dengan total peserta sebanyak 309 orang.

“Dari 309 peserta ini, akan kita saring menjadi 70 peserta untuk mengikuti

seleksi Paskibraka tahap selanjutnya, berupa wawancara/ interview, ilmu pengetahuan dan wawasan, tes tertulis dan cek kesehatan pada tanggal 13 Maret 2019. Kemudian, di tanggal 14 Maret nya, kita akan melaksanakan seleksi PBB di halaman Kodim 0320/ Dumai bersamaan juga Tim seleksi Paskibraka Provinsi yang akan menjaring 3 Putra dan 3 Putri terbaik Kota Dumai menjadi Paskibraka di Provinsi Riau,” terang Norzam.

Seleksi tahap awal yang dilakukan Diskopar ini bekerjama dengan TNI,

khususnya Kodim 0320/ Dumai. Seleksi yang dilakukan berupa pengenalan PBB dasar dan juga tinggi serta berat badan yang harus ideal.

“Untuk tinggi Putra 170-180 cm. Sedangkan Putri 165-170 cm. Berat ideal sama dengan tinggi badan ada hitungannya lagi,” bebernya.

Bagi peserta yang dinyatakan Lulus mengikuti seleksi tahap selanjutnya, Norzam berpesan agar tetap mempersiapkan fisik dan mental dengan sebaik – baiknya, semangat, percaya diri plus jangan lupa berdo’a.

“Bagi yang tidak punya kesempatan menjadi anggota Paskibraka tahun ini

jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan di lain waktu. Tetap berjiwa besar,” tukas Norzam seraya menambahkan pihaknya juga membuka ruang kepada adik – adik untuk bergabung bersama marching band Pemko Dumai yakni Gita Wibawa Praja.

Tampak hadir dalam seleksi Paskibraka Kota Dumai tahun 2019, Pasi Ops Kodim 0320/ Dumai, Kapten Yusli beserta anggota, Ketua Purna Praja Indonesia (PPI) Kota Dumai, Dedi Rinaldi dan anggota.

Baca Juga :