Sepenggal Kisah saya dan Skripsi

Sepenggal Kisah saya dan Skripsi

Sepenggal Kisah saya dan Skripsi

Sepenggal Kisah saya dan Skripsi
Sepenggal Kisah saya dan Skripsi

hola semua…
sudah lama aku ingin menulis cerita ini.. tapi baru kesampaian sekarang.

semoga beberapa uraian kata dibawah ini dapat menjelaskan serta menceritakan tentang kisah ku dengan Skripsi yang telah kulalui.

dan semoga mungkin bisa bermanfaat bagi yang baca.. Silakan Membaca

NB: agak panjang jadi bacanya pelan-pelan saja

The Story begin
[kira-kira tahun 2008 awal-pertengahan 2008]

yup awal mula ide skripsi saya adalah ketika ada mata kuliah yang bernama “Metode Penelitian Administrasi Negara” nah dari mata kuliah itu munculah cikal bakal skripsi ini. karena diakhir kuliah semester itu tugas akhirnya berupa proposal skripsi, dengan harapan nantinya proposal yang dibikin mahasiswa dilanjutkan menjadi proposal skripsi.

pada mata kuliah ini juga kebetulan diadakan praktek penelitian (lebih tepatnya dosen yang memanfaatkan mahasiswa untuk menjadi enumerator atau tukang survei) tentang kualitas trans Jogja yang pada waktu itu lagi masa awal-awal beroperasi.

nah dari sana lah sebagian ide dari skripsi ini muncul, karena ide sebagian lagi awalnya juga muncul dari matakuliah lain yang juga saya ambil pada semester itu. yaitu matakuliah manajemen Lingkungan. dengan mengkombinasikan manajemen lingkungan dan bus kota, maka ide awal skripsi saya adalah tentang “ketertarikan masyarakat kota Yogyakarta terhadap transportasi umum buskota”

Januari 2009

nah setelah awal tadi, skripsi ini vakum satu semester sampai kemudian di awal Januari saya dikejutkan oleh sebuah sms. dan ternyata sms itu adalah dari dosen pembimbing skripsi saya Bu Ambar Widaningrum (yang selanjutnya sering saya pangggil Madam A. Wida) yang isinya teguran keras mengapa saya belum pernah menghadap beliau.. huah.. malunya minta ampun mpe dosen yang nyari-nyari mahasiswanya… nah maka pada hari berikutnya (lupa saya tanggal berapa) saya memberanikan diri bertemu beliau.

seperti yang saya duga, saya dimarahi (namun entah kenapa nadanya bukan memarahi tetapi lebih ke menegur) karena saya satu-satunya mahasiswa bimbingan beliau yang belum ada proses sama sekali. mulai dari pertemuan tersebutlah saya baru mulai lagi dari awal membuat proposal dimulai dari bab pendahuluan.

namun.. berhubung saya masih mengambil kuliah, beberapa mata kuliah tambahan dan mengulang beberapa (maklum saya bukan termasuk orang yang rajin pangkal pandai), jadi yah proposal itu terhenti lagi sampai bab pendahuluan. >.<

Mei 2010

Vakum 1 tahun lebih. nah proposal itu belum juga mengalami kemajuan. maka karena desakan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan, maka saya berpikir (huahaha sok-sokan berpikir…) hm.. ok saya ralat, maka saya merenung. mengapa saya malas sekali mengerjakan itu proposal. dan usut diusut dan menganalisa. ternyata saya mendapat masukan dari Ibunda tercinta untuk mengakhiri pekerjaan sampingan saya.

(oh iya tadi belum saya ceritakan kalau sebelumnya, mulai dari tahun 2007 akhir saya bekerja sambilan sebagai operator <sebenernya lebih tepat dikatakan kasir> sebuah Gamenet, dan karena memang saya suka ngegame jadi yah cocok sekali menambah alasan saya malas-malasan)

nah mulai mei 2010 itulah saya mengerjakan lagi proposal saya. namun apalah daya juka malas lebih merajalela proposal itupun terhenti di bulan Juli dengan alasan puasa+ lebaran + kemudian mundur mundur terus ada musibah Erupsi Gunung merapi dan saya menyempatkan diri menjadi Relawan. maka tertunda lagi sampai awal Januari 2011.

Baca Juga :