Cara Quality Time dengan Anak Untuk Orang Tua Super Sibuk

Cara Quality Time dengan Anak Untuk Orang Tua Super Sibuk

Menjadi orang tua yang bekerja mesti pintar-pintar menggali peluang. Tak melulu sibuk dengan urusan kegiatan di kantor, Anda pun dituntut untuk meluangkan waktu yang lumayan demi mengawasi tumbuh kembang anak. Meskipun melulu sebentar, kehadiran orang tua dalam sehari-hari anak ternyata sangat urgen untuk pertumbuhan mental si kecil. Untuk kalian yang super sibuk, ini teknik yang efektif untuk menguras quality time dengan anak.

1. Minta Bantuan Anak Kerjakan Tugas Rumah

Mintalah pertolongan anak memungut peran dalam kegiatan rumah. Untuk balita yang sudah menginjak usia 4 atau 5 tahun, Anda dapat menugaskan mereka menata meja untuk santap malam atau membereskan mainan yang berserakan. Bila sedang memasak, kita juga dapat meminta pertolongan mereka. Tak melulu menghabiskan quality time dengan anak, Anda pun akan mengajarkan mereka bertanggung jawab atas kesucian hunian yang ditempati.

2.Manfaatkan Waktu Sebelum Tidur

Setelah berlalu menyantap santap malam, Anda dapat menggunakan jeda waktu itu untuk berkata dengan si kecil. Bila cuaca memungkinkan, ajak anak berlangsung mengelilingi halaman lokasi tinggal atau perumahan dan tanyakan tentang aktivitasnya sekitar berada di sekolah.

Ketika telah selesai, mohon anak guna mempersiapkan dirinya untuk istirahat yakni dengan menggunakan piyama serta menggosok gigi. Anda dapat membacakan kisah serta menemaninya sampai tidur.

3. Main Game

Kegiatan lainnya yang dapat Anda jajaki untuk menciptakan quality time dengan anak ialah bermain game. Ternyata tidak sedikit permainan asyik yang dapat Anda mainkan bareng tanpa pertolongan gadget. Mulai dari kartu, ludo, halma, monopoli, scrable sampai catur. Tak perlu tidak sedikit mengobrol dan nikmati keseruan ketika permainan berlangsung.

Meskipun tampak sederhana, permainan-permainan diatas ternyata menyerahkan efek yang bagus untuk perkembangan kognitif dan mental si kecil. Misalnya mereka bakal belajar mengenai teknik berhitung, menata keuangan, sampai bagaimana beranggapan kritis guna memecahkan masalah.

4. Berlibur Bersama

Berlibur bareng adalahsalah satu pilihan quality time dengan anak yang lumayan sering dilaksanakan orang tua bekerja. Tak melulu berlibur ke luar kota atau luar negeri, kita juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di dekat tempat tinggal. Misalnya kebun binatang, pantai, museum atau taman bermain. Mintalah pendapat si kecil manakah lokasi yang hendak sekali ia kunjungi.

Bila tidak mempunyai waktu yang panjang guna berlibur bersama, Anda dapat menggantinya dengan menyuruh si kecil ‘kencan’. Misalnya pergi bareng ke bioskop, santap malam di restoran atau sebatas berjalan kaki di pusat kota sambil merasakan es krim favoritnya.

5. Membantu Anak Mengerjakan Tugas

Anak, khususnya yang masih berusia di bawah enam tahun, bakal senang bila orang tua memperhatikannya dalam hal-hal kecil tergolong saat menggarap tugas sekolah. Membantu anak bukan berarti memungut alih tanggung jawab untuk menggarap tugas tersebut. Namun Anda mesti memberi arahan yang benar. Karena itu, paling penting untuk orang tua guna terus belajar dan memperluas pengetahuan.

5 urusan diatas dapat diterapkan orang tua yang sibuk untuk menguras quality time dengan anak. Agar seluruh berhasil, usahakan Anda mesti konsentrasi kepada sang anak. Sebisa barangkali singkirkan ponsel atau komputer ketika Anda bareng dengan mereka.

Sumber : http://www.cfw.tufts.edu/external.asp?https://www.pelajaran.co.id