Cara Menghilangkan Sakit Hati – Terapi Luka Batin

Cara Menghilangkan Sakit Hati – Terapi Luka Batin

Selama menjalani hidup di dunia ini, nyaris semua orang pernah merasakan sakit hati. Faktornya pelbagai mulai dari keluarga, pertemanan, percintaan, sampai hidup bermasyarakat. Menariknya, respon orang menghadapi rasa sakit ini beragam. Ada yang terpuruk berkepanjangan, tetapi ada pula yang dapat survive dan berbahagia.
Dan Anda, tergolong yang mana? Bagaimana Terapi Luka Batin, Cara Menghilangkan Sakit Hati.

Jika Anda tergolong yang belum dapat forgive & move on dari rasa sakit hati, maka sejenak bacalah pembahasan berikut. Sebagaimana rasa senang dan bahagia, rasa sakit dan sedih ialah hal lumrah di dalam hidup manusia. Jadi, kita tidak dapat menghindarinya. Hal terbaik yang dapat kita lakukan merupakan menghadapinya.

Maksudnya, menanggulangi perasaan sakit tersebut dengan pelbagai solusi yang tepat. Jangan biarkan rasa kecil hati dan sakit hati terlampau lama, sebab akan menciptakan diri tidak sehat dan berisiko stres. Parahnya, rasa tersebut dapat menjauhkan insan dari Penciptanya.

Nah, bila Anda sedang berjuang mengobati rasa sakit itu, pernah coba teknik Rasulullah? Dalam riwayatnya, Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan bagaimana mengerjakan terapi sakit hati yang tepat. Beberapa di antaranya laksana :

1. Muhasabah Diri
Sebelum mencari-cari kekeliruan orang beda atas rasa sakit yang anda dapatkan, usahakan kita menyaksikan ke dalam diri anda sendiri. Mungkin saja anda merasa sakit hati pada seseorang, sebenarnya seseorang tersebut tidak bermaksud menyakiti kita.

Saat bermuhasabah jajaki tanyakan pada diri sendiri, mengapa seseorang tersebut bersikap ini dan tersebut yang menciptakan kita merasa tersakiti. Jangan-jangan anda sendiri yang membuat kekeliruan terlebih dahulu kepadanya.

2. Menjauhkan Diri dari Iri Hati dan Dengki
Tahukah kita rasa iri hati dan dengki merupakan sejumlah ruang yang mnejadi pintu untuk setan menginjak hati manusia. Setan kemudian membisikan sekian banyak hal tergolong angan-angan. Nah, impian yang berlebihan menciptakan seseorang menjadi buta dan tuli.

Bila tidak dilandaskan iman, impian cenderung menciptakan seseorang melakukan sekian banyak cara menemukan apa yang diinginkannya. Ya, ini sebab sifat iri dan dengki mengedepankan rasa cintanya pada hal mempunyai sifat material, kehormatan, dan pujian.

Manusia tidak bakal tenang, bila di dalam hatinya terdapat sifat ini. Manusia juga jadi tidak bersyukur, sebab selalu merasa kurang. Maka hapuslah rasa cinta berlebihan pada dunia dan berhalanya terlebih dahulu, guna mengobati hati yang terluka.

3. Jauhkan Diri dari Amarah dan Keras Hati
Ketika amarah hadir dari hati manusia, biasanya manusia beraksi tanpa mempertimbangkan akal. Dengan kata beda akal menjadi lemah dan melulu tertinggal hawa nafsu. Setan pun bakal lebih leluasa membisikkan hal-hal negatif dan mempermainkan insan lewat emosinya.

Nah, supaya hal ini tidak terjadi, jagalah diri dengan mengendalikan emosi dan keras hati. Ingatlah bawah amarah dan keras hati malah membawa kita pada rasa sakit yang semakin sakit, ketimbang solusi.

4. Memupuk Sifat Pemaaf
Tuhan yang maha segalanya saja dapat memaafkan kekeliruan manusia, bahkan sebesar apapun itu, saat hambanya benar-benar bertaubat. Lalu mengapa kita sebagai ciptaannya tidak mencontoh urusan baik tersebut.
Sahabatku, ayo kita hindarkan diri dari sikap congkak dan tak mau memaafkan kekeliruan orang yang sudah menyakiti kita. Tahukah anda memberikan maaf, akan menciptakan hati lebih lapang dan tenang.
InsyaAllah kita pun bakal merasa lebih lega dan menjadi salah satu teknik mengobati hati yang terluka.

5. Berprasangka Baik
Ketika sakit hati muncul, lazimnya seseorang akan gampang berburuk sangka pada orang lain. Perasaan ini malah membuat kita semakin terpuruk dan sulit move on dari masa lalu. Maksudnya, Anda bakal terus menilik sakit itu.

Nah, andai Anda hendak mengobati rasa sakit itu, maka biasakanlah untuk tidak jarang kali dan tetap berprasangka baik. Selalu ambil sisi positif dari apa saja yang terjadi di dalam hidup ini, supaya beban dan rasa sakit dapat terkikis secara perlahan.

6. Ikhlaskan Diri
Ikhlas ialah kata yang enteng untuk diucapkan, namun lumayan berat guna dilakukan. Akan tetapi, kita tetap punya pilihan guna berusaha. Anda butuh tahu, orang yang ikhlas bakal lebih gampang menangani hatinya.
Menjaga hati untuk beranggapan positif dan memberikan segalanya melulu kepada Sang Pencipta. Sulit dapat jadi, tetapi bila Anda sukses maka bakal terasa lebih lega, lebih tenang, dan jauh lebih baik lagi. Akhirnya hati yang terluka perlahan bakal terobati.

Baca Juga :