Intergrasi Nasional Bangsa Indonesia diamati dari Sejarah

Intergrasi Nasional Bangsa Indonesia diamati dari Sejarah

Upaya Integrasi nasional bangsa Indonesia terkecuali diamati dari sejarahnya sudah lama dilakukan, yakni mulai zaman kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit. Kedua kerajaan itu, mengupayakan mempersatukan seluruh lokasi kekuasaan di bawah naungan kerajaan itu. Proses integrasi konsisten berlangsung hingga dengan berkembangnya kekuasaan Islam di Indonesia. Terjalinya pertalian komunikasi antar-daerah di Indonesia berdampak pada terjadinya integrasi di segala bidang kehidupan antar-berbagai suku di Indonesia. Proses integrasi yang berlangsung pada abad ke-16 hingga dengan abad ke-19 berfungsi besar dalam pertumbuhan bangsa Indonesia sekarang ini.

Bangsa Indonesia adalah suatu bangsa yang mengalami sistem panjang dalam laksanakan integrasi nasional. Integrasi nasional bangsa Indonesia konsisten menerus diuji. Telah banyak upaya yang diuji untuuk menghindar integrasi bangsa Indonesia sejak sebelum akan kemerdekaan, sehabis kemerdekaan, orde baru, dan orde reformasi. Mulai PRRI, DI/TII, Permesta, GAM, OPM, hingga dengan pada lepasnya Timor-Timur, Sipandan, dan Ligitan dari negara kesatuan Republik Indonesia. Melalui sistem integrasi itulah bangsa Indonesia yang terdiri atas banyak suku dapat disatukan ke dalam NKRI.

Meskipun terdiri atas beraneka bhs area dan berada di beraneka pulau, Negara Indonesia sudah dapat disatukan oleh bhs Indonesia. Perbedaan yang tersedia dalam diri bangsa Indonesia dapat dinetralisasi dengan toleransi, saling menghormati, dan tenggang rasa. Proses integrasi bangsa Indonesia juga dipermudah dengan adanya perkawinan campuran antarsuku bangsa. Hal berikut disebabkan oleh makin berkembangnya komunikasi dan transportasi. Suatu integrasi nasional tercapai andaikata unsur-unsur yang berlainan dalam masyarakat secara nasional sudah jadi pola kehidupan yang cocok bakal terwujud suatu bentuk konsistensi dalam bidang-bidang kehidupan di masyarakat.

Demikianlah ulasan tentang “Intergrasi Nasional Bangsa Indonesia diamati dari Sejarah”, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga berfungsi bagi yang membaca…

Baca Juga :