PTN Di Jabar Kembali Ditambah

PTN Di Jabar Kembali Ditambah

PTN Di Jabar Kembali Ditambah

PTN Di Jabar Kembali Ditambah
PTN Di Jabar Kembali Ditambah

BANDUNG- BANDUNG-Pemprov. Jabar untuk meningkatkan angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK PT) dalam tahun ini akan mendorong penambahan  Perguruan Tinggi Negeri ( PTN)  baru. Hal tersebut, diutarakan Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, Selasa (16/2).

Menurut Gubernur, PTN baru yang siap dibangun di Jabar antara lain :  ITB

di Cirebon dengan jumlah Program studi (Prodi)  dibuka sebanyak 2 Prodi dengan lahan yang disiapkan seluaslahan 18 Ha. PTN berikutnya  ITB di Bekasi dengan disiapkan 3 prodi dan lahan yang disiapkan seluas 40 Ha serta  IPB di sukabumi dengan luas lahan yang  disiapkan seluas  11 Ha, sementara untuk Prodinya belum ditentukan tahun ini berapa Prodi yang nanti disiapkan.Penambahan PTN di tahun 2017 akan ditambah, diantaranya  Unpad di Pangandaran.

Program ini merupakan program kesinambungan karena di beberapa tahun

sebelumnya sudah dikukuhkan Unsil di Tasikmalaya menjadi PTN. Diharapkan dengan penambahan PTN, APK pendidikan tinggi dapat terus meningkat dari 17 persen menjadi  25 persen. Diharapkan dengan program ini dapat membantu pemerataan pendidikan tinggi di seluruh wilayah di Jabar.

 

Kendala yang dihadapi dalam rangka penambahan PTN diantaranya  lahan

karena nilai nominal dana untuk pengadaannya nya sangat besar. Untuk tahap awal untuk pengadaan bangunan dicari kawasan terdekat, bisa dipakai sekolah terdekat yang sedang tidak dipakai dengan  disewa dulu sebelum pembangunan kampus tuntas.

 

Baca Juga :