Tujuan dan Pengertian Membaca Cepat – Bahasa Indonesia

Tujuan dan Pengertian Membaca Cepat - Bahasa Indonesia

Tujuan dan Pengertian Membaca Cepat – Bahasa Indonesia

Tujuan dan Pengertian Membaca Cepat - Bahasa Indonesia
Tujuan dan Pengertian Membaca Cepat – Bahasa Indonesia

Apa itu membaca cepat?

Membaca cepat adalah teknik membaca untuk mencari informasi kedalam pokok masalah atau fakta yang dicari. Membaca cepat adalah metode membaca yang bisanya dilakukan di dalam hati. Dengan membaca cepat, teman-teman bisa mendapatkan informasi yang dimaksut bacaan seakurat mungkin dengan waktu sesingkat mungkin.
Dalam metode membaca cepat, teman-teman bisa mengukur seberapa cepat kemampuan membaca yang biasa disebut  kata per menit ( KPM ). Untuk mendapatkan KPM kita bisa menghitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Kecepatan = ( Jumlah kata/Jumlah Detik) x 60 menit = ………… kata per menitJika sudah mengetahui rumusnya, Teman-teman juga bisa menggunakan teknik membaca cepat. Teknik membaca cepat di bagi menjadi 2 jenis yaitu

Jenis teknik membaca cepat

Teknik membaca Skemming adalah membaca dengan cara melompati fakta dan detail dengan memusatkan perhatian untuk cepat menguasai ide-ide pokok.

Teknik membaca Skanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa yang lain-lain sehingga langsung kepada masalah yang dicari. artinya hanya mencari informasi dari bagian yang teman-teman butuhkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca cepat diantaranya

1. Jangan membaca kata demi kata. Biasakan untuk membaca kelompok kata demi kelompok kata.
2. Jangan mengulangi kata/ kalimat yang telah dibaca.
3. Carilah kata kunci yang menjadi tanda awal adanya gagasan utama sebuah kalimat.
4. Abaikan kata-kata lugas yang sifatnya berulang-ulang, misalnya kepada, yang , di, dari, dan sebagainya.
5. Jangan terlalu lama berhenti di awal baris atau kalimat karena akan memutuskan hubungan makna antarkalimat atau antarparagraf.Setelah mengetahui teknik dan cara membaca cepat, jika teman-teman masih belum bisa membaca dengan cepat, ada hal yang perlu dibiasakan diataranya adalah
1. Menghindari terjadinya hambatan-hambatan dalam membaca.
2. Melebarkan jangkauan mata dengan berupaya sekali pandang mencapai 3-4 kata atau sekelompok frasa.Selain itu ada beberapa yang bisa menghambat kecepatan membaca teman-teman, diantaranya yaitu
1. Vokalisasi (dengan bersuara).
2. Menggerakkan kepala dari kiri ke kanan (mengikuti tulisan yang dibca).
3. Regresi (membaca ulang yang sudah dibaca).
4. Subvokalisasi (Melafalkan dalam batin/ pikiran).
5. Menggerakkan bibir (bibir berkomat-kamit).
6. Menunjuk kata demi kata dengan jari.

Tujuan membaca cepat

Dari materi diatas bisa disimpulkan tujuan membaca cepat adalah mencari informasi secepat dan se akurat mungkin dari suatau bacaan. Sehingga teman-teman bisa lebih banyak menyerap informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

Itulah tujuan dan pengertian membaca cepat, semoga bisa membatu teman-teman sebagia penambah wawasan dan refrensi dalam belajar.