PDAM Optimalisasi IPA Dekeng

PDAM Optimalisasi IPA Dekeng

PDAM Optimalisasi IPA Dekeng

 

PDAM Optimalisasi IPA Dekeng

Instalasi Pengolahan Air

Optimalisasi dan rehabilitasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng 1 dan 2 merupakan upaya PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk meningkatkan kapasitas hasil pengolahan IPA. Harapannya, kapasitas produksi bisa bertambah dari 1.500 liter/detik menjadi 1.800 liter/detik.

Direktur Teknik

Upaya itu juga, dijelaskan Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana, Selasa (07/11/2017), sebagai langkah memaksimalkan fungsi IPA Dekeng untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada pelanggan yang berada di zona tiga dan empat.

“Program optimalisasi IPA Dekeng ini akan mulai dikerjakan minggu depan selama sekitar tiga bulan atau sampai Januari 2018 nanti,” katanya.

Saat ini, menurut Syaban

Kondisi pengaliran PDAM sudah seimbang. Artinya, suplai air baku sudah sama dengan air yang dijual di pelanggan. “Ini sangat sensitif. Karena kalau ada gangguan di produksi maka akan terjadi gangguan pula di pelanggan. Ini terjadi karena PDAM tidak punya idle capacity,” ujarnya.

Optimalisasi IPA Dekeng

Optimalisasi IPA Dekeng itu, terangnya, akan menjawab kebutuhan tersebut. Nantinya, PDAM akan memiliki idle capacity sebanyak 300 liter/detik. Apalagi, sambungnya, pengerjaan optimalisasi itu diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi kedua IPA.

Masing unit kogulasi

“Fungsi masing-masing unit kogulasi, flok, sedimentasi, dan filter dapat berjalan secara optimal sesuai perencanaan. Selain itu akan dapat meminimalisir gangguan pengaliran akibat peningkatan tingkat kekeruhan air baku,” imbuhnya.


Artikel terkait :