Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan – Surat menjadi sebuah benda yang amat perlu sebagaimana fungsinya. Hal ini amat berlaku untuk beragam surat penting. Surat-surat perlu biasanya perihal langsung dengan surat resmi. salah satu surat formal yang biasanya banyak dibutuhkan adalah surat keterangan penghasilan. Surat ini banyak digunakan oleh seseorang yang punyai penghasilan untuk melengkapi sebuah beberapa syarat dalam hal peminjaman uang, pembelian rumah secara KPR, untuk kepentingan anak sekolah, dan beragam hal lainnya.

Surat keterangan penghasilan adalah surat formal yang dibikin dengan tujuan untuk menerangkan rincian atau kuantitas gaji ataupun penghasilan seseorang. Surat ini juga biasanya dibikin oleh sekretaris atau pekerja anggota keuangan terkecuali yang bersangkutan bekerja pada sebuah perusahaan. Seperti yang udah dijelaskan tadi, menjadi surat ini berisikan rincian secara mengetahui perihal penghasilan seseorang.

Dalam pembuatannya, surat ini punyai beragam macam wujud atau format sesuai dengan tempat seseorang berkerja. Misalnya surat keterangan penghasilan karyawan untuk seseorang yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan. Dan surat keterangan penghasilan wiraswasta untuk seseorang yang bekerja sebagai wiraswasta. Jadi pembuatannya sendiri sebisa barangkali sesuai dengan kebutuhan.

Maka dalam penulisannya, surat ini hendaknya dilaksanakan dengan detil dan sesuai dengan penghasilan yang sebenarnya. Sebenarnya format suratnya sendiri sama dengan surat-surat pada biasanya dan tak amat banyak yang berbeda. Yang tidak sama hanya terletak pada isikan suratnya saja yang menjelaskan perihal rincian penghasilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami bakal memberikan lebih dari satu misal surat keterangan penghasilan.

Contoh:

PT. LAUTAN KARYA PEMUDA

Jl. Anggrek No. 148 Jakarta, Indonesia

======================================================================

Hal : Surat Keterangan Gaji

No. : 018/HRD/08/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama    : Nuraini Kusuma Wati, SE

Jabatan : Manager HRD

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama    : Dito Adirahman, SE

Jabatan : Staff Accounting

Sampai pas ini tanggal 01 Agustus 2017 perusahaan kami udah memberikan penghasilan dengan rincian sebagai berikut :

Gaji pokok                      : Rp. 4.150.000,-

Tunjangan Perumahan     : Rp.   500.000,-

Tunjangan Makan            : Rp.   800.000,-

Tunjangan Transportasi   : Rp.   500.000,-

Potongan Asuransi          : Rp.    200.000,-

Sehingga keseluruhan gaji yang diterimanya adalah sebesar Rp. 5.750.000,- (lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan, semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Hormat kami,

 

Nuraini Kusuma Wati, SE

Manager HRD

Nah itulah ulasan kami perihal surat keterangan penghasilan. Semoga berguna dan hingga jumpa di ulasan kami yang sesudah itu ya.

Baca Juga: