Pimpin Gema Desa, Wabup Kunjungi Lima Desa di Kecamatan Pagak

Pimpin Gema Desa, Wabup Kunjungi Lima Desa di Kecamatan Pagak

Pimpin Gema Desa, Wabup Kunjungi Lima Desa di Kecamatan Pagak

 

Pimpin Gema Desa, Wabup Kunjungi Lima Desa di Kecamatan Pagak

Gerakan Membangun

Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM bersama istri, Hj. Anis Zaida memimpin pelaksanaan Gerakan Membangun (Gema) Desa di Kecamatan Pagak, Rabu (16/1). Didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Wabup mengunjungi lima desa sekaligus jejak pagi hingga sore hari.

Lima desa yang dikunjungi meliputi Desa Sumbermanjing Kulon

Desa Pandanrejo, Desa Pagak, Desa Tlogorejo dan Desa Gampingan. Kegiatan Wabup diawali dengan berkunjung ke Balai Desa Sumbermanjing Kulon antara lain gelar silahturahmi dan temu wicara bersama masyarakat setempat. Dalam kesempatan ini Pak Sanusi, sapaan akrabnya juga secara simbolis menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Malang

Drs. Hari Sasongko serta para kepala desa se Kecamatan Pagak. Wabup juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Bank Jatim tentang restribusi sampah. Tak ketinggalan, Wabup berlanjut untuk mengunjungi pelayanan kependudukan dan catatan sipil Jebol Anduk dan pelayanan Posyandu yang terletak di halaman Masjid Assalam Sumbermanjing Kulon.

”Gema Desa ini digelar sebagai upaya melanjutkan program Bhakti Sosial Menata Desa supaya masyarakat juga turut serta bekerja membangun desanya bersama-sama Pemkab Malang. Saya beserta Kepala OPD ingin langsung melihat kekurangan apa saja dari pembinaan dan pelayanan yang sudah dilakukan kepada masyarakat,” terang Wabup dalam sambutannya.

Pak Sanusi mengatakan

Pemkab Malang tetap fokus dalam tiga strategi umum pembangunan antara lain pengentasan kemiskinan, mengoptimalkan potensi sektor pariwisata dan memperkuat daya dukung lingkungan hidup. Ditegaskannya, ia juga minta DPRD untuk ikut mendukung ketiga program Pemkab tersebut. Harapannya banyak destinasi wisata berkembang pesat dan banyak dikunjungi wisatawan. Demikian dengan lingkungan hidup agar Kabupaten Malang ini memiliki lingkungan yang sehat dan bersih.

”Selain ketiga hal tersebut, pembangunan sektor lainnya seperti pendidikan dan kesehatan juga tetap jalan. Bahkan untuk pendidikan bisa terus meningkat dengan target setiap siswa memiliki nilai rata-rata 9 sehingga sekolah melahirkan lulusan yang hebat, dan juga terus bertambah sekolah-sekolah unggulan di masing-masing desa. Bapak ibu harus mendukung program ini demi turut serta meningkatkan dunia pendidikan Kabupaten Malang,” tambah Wabup.

Sebelum bergerak ke empat desa lainnya

Pak Sanusi juga menggelar kunjungan ke home industri Kerupuk ‘Jati’ di RT27/RW08 Dukuh Kraja Desa Sumbermanjing Kulon. Wabup melanjutkan kunjungan ke Desa Pandanrejo dengan mengunjungi home industri Emping Mlinjo milik Warsi dan Suelmi di RT01/RW01. Dilanjutkan meninjau lokasi spot wisata desa di Lembah Bidadari serta melakuka penanaman pohon bersama warga. Wabup bersama rombongan juga meluangkan waktunya untuk menyaksikan kesenian reog dan barong.

Setelahnya

Wabup yang berboncengan bersama istri bergeser menuju Desa Pagak dengan melintasi jalan Desa Sempol untuk kemudian meninjau pameran dan bazar produk unggulan yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Pagak. Dalam kesempatan ini meninjau hasil pembuatan batik produk dari Desa Sumberejo dan Sumbermanjing Kulon. Usai isoma, Wabup melanjutkan dengan peresmian proyek gas metan di Dukuh Banyu Urip Desa Tlogorejo, dan home industri gatot tiwul UD Riang di rumah Sriono. Sebelum dipungkasi dengan kunjungan ke Desa Gampingan untuk meninjau wisata desa Lembah Kera dan penanaman pohon, serta peninjauan bedah rumah milik Joni yang berada di RT03/RW02 Dukuh Dempok.

Artikel Terkat: