Kemenpar Gelar Rakor Percepatan Pembangunan KEK Singhasari

Kemenpar Gelar Rakor Percepatan Pembangunan KEK Singhasari

Kemenpar Gelar Rakor Percepatan Pembangunan KEK Singhasari

 

Kemenpar Gelar Rakor Percepatan Pembangunan KEK Singhasari

Wakil Bupati Malang

Drs. H.M. Sanusi, MM didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT bersama sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang hadir pada Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Ijen Suites dan Resort, Kota Malang, Rabu (16/1) malam. Rapat tersebut digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia dengan langsung dipimpin Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman.

Dewan Nasional KEK

Kegiatan tersebut berlangsung dalam rangka menindak lanjuti hasil sidang Dewan Nasional KEK yang menyetujui usulan pembentukan KEK di Kabupaten Malang. Dengan harapan, Kemenpar mampu secara langsung berkoordinasi dengan seluruh stake holder dalam upaya percepatan pembangunan KEK.

Program KEK

”Semua pemangku kepentingan diharapkan Kemenpar untuk bersama-sama mempercepat mewujudkan KEK Singhasari ini. Kabupaten Malang memiliki banyak potensi wisata dan bidang lain dalam mendukung program KEK sehingga dapat turut memacu perkembangan ekonomi di Malang Raya melalui digital trade sehingga Singosari menjadi pusat perdagangan Indonesia,” terang Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup ketika ditanya awak media usai mengikuti Rakor.

KEK Singhasari akan berdiri di atas lahan 120,3 hektar dengan nilai investasi sekitar Rp 8,29 Triliun memiliki proyeksi serapan tenaga kerja sebesar 11.526 per tahun dengan rencana bisnis konsep pengembangan pariwisata dan ekonomi digital. Diupayakan dalam tiga tahun ke depan, KEK ini bisa tumbuh dengan mengusung konsep destinasi wisata meliputi distrik icon heritage tourisme, MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) bisnis showbiss, distrik digital ekonomi, dan inkubator education center. https://bandarlampungkota.go.id/blog/kata-bijak-bahasa-inggris/

”Kesimpulan yang dihasilkan dari rakor malam ini adalah pihaknya akan membuat monitoring kemajuan KEK Singhasari melalui rapat stake holder untuk bisa mengevaluasi kegiatan, pihak perbankan juga diminta untuk aktif dalam pendampingan, dikumpulkan SDM yang berkualitas baik pengusaha maupun perencanaan dan Kemenpar siap membantu terkait sosialisasi SOS,” terang Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar RI, Dadang Rizki Ratman saat akan mengakhiri rapat.

Wabup Malang

Selain Wabup Malang dan sejumlah jajarannya, Kemenpar dalam rakor ini juga mengundang para stake holder dan pemangku kepentingan diantaranya dari Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementrian Perindustrian, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Badan Usaha Milik Negara, Kementrian Koperasi dan UKM, Badan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi Jawa Timur, PT Telkom Indonesia, PT Pengembangan pariwisata indonesia, BNI, dan PLN serta penggiat wisata di Jatim dan Malang Raya.