Thalia, Siswa Berprestasi Debat Bahasa Inggris dari SMAN 1 Pangandaran

Thalia, Siswa Berprestasi Debat Bahasa Inggris dari SMAN 1 Pangandaran

Thalia, Siswa Berprestasi Debat Bahasa Inggris dari SMAN 1 Pangandaran

 

Thalia, Siswa Berprestasi Debat Bahasa Inggris dari SMAN 1 Pangandaran

Debat Bahasa Inggris telah menjadi kegemaran Thalia Zahra Ashifa

siswa SMAN 1 Pangandaran. Anak dari pasangan Tedu Setiadi dan Tike Hidiani ini, merupakan anak yang ceria dan ramah terhadap setiap orang.

Thalita menceritakan ia mulai tertarik dengan dunia debat Bahasa Ingggris semenjak SMP. Saat itu, ia sering mengikuti story telling untuk mengasah bakat Bahasa Inggrisnya. Beberapa tahun kemudian, saat kelas XI di SMAN 1 Pangandaran ia beserta teman satu timnya dipercaya untuk mengikuti lomba debat Bahasa Inggris.

“Dari semua peserta yang ikut di lomba tersebut

alhamdulillah bisa dapat penghargaan menjadi Best Speaker. Dan ternyata yang mendapat penghargaan tiga-tiganya semua berasal dari pangandaran,” ujar Thalia saat ditemui di SMAN 1 Pangandaran, Jalan Kamurang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu, 8 Desember 2018.

Thalia menjelaskan tema yang diambil saat itu adalah Kepemimpinan Jokowi adalah Kepemimpinan yang Terbaik. Ia bersama tim mendapat bagian menjadi sisi yang kontra. Saat perlombaan, gugup adalah tantangan yang dihadapi Thalia. Ia perlu memiliki strategi untuk tampil maksimal saat penjurian, yaitu dengan berpikir kritis, membuat argumen, serta pemilihan kata dalam Bahasa Inggris.

Siswa berprestasi kelahiran Jakarta

27 Oktober 2001 ini, melatih bakatnya dalam debat dengan terus berlatih. Ia selalu menyempatkan diri untuk membaca buku, membaca dan menonton berita agar terus update mengenai keadaan sekitar, dan berlatih debat dengan dirinya sendiri agar siap dengan interupsi yang akan diberikan oleh lawan.

“Terkadang Mama membantu melatih dalam Bahasa Inggris

Selain itu, yang selalu menginspirasi saya selama ini adalah Kaka yang juga sering mengikuti debat dan melatih saya dalam debat Bahasa Inggris,” ujar Thalia.

Pesan dan kesan yang didapat Thalia dalam pertama kali mengikuti debat Bahasa Inggris adalah ia bangga terhadap diri sendiri. Ia terus memotivasi terhadap dirinya sendiri untuk lebih baik lagi dari hari ini. Selain itu, ia pun harus percaya diri agar kualitas penampilannya menjadi lebih tinggi.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/