Kuatkan Karakter Siswa Melalui Jabar Masagi

Kuatkan Karakter Siswa Melalui Jabar Masagi

Kuatkan Karakter Siswa Melalui Jabar Masagi

 

Kuatkan Karakter Siswa Melalui Jabar Masagi

Program Jabar Masagi resmi diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Melalui Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jabar masagi bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter seluruh siswa di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat

Ahmad Hadadi mengatakan, program Jabar Masagi akan diterapkan di sekolah melalui muatan lokal (mulok) serta pembuat modul yang berlandaskan ada penguatan pendidikan karakter sesuai dengan keputusan presiden  nomor 87 tahun 2017.

“Jadi kita akan menyiapkan modul ini (Jabar Masagi) sesuai dengan terjemahan dari pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, peraturan pemerintah tentang pendidikan serta peraturan kementerian dan kebudayaan,” tutur Hadadi saat menghadiri persemian Jabar Masagi baru-baru ini.

Hadadi menjelaskan

proses penerapan program jabar Masagi di sekolah akan diterjemahkan sesuai dengan mata pelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di masing-masing daerah. “Jadi disesuaikan juga dengan mata pelajaran dan kearifan lokal yang ada di daerah, misalnya  seperti membaca al-quran atau gerakan literasi sebelum masuk kegiatan belajar mengajar,” ucap Hadadi.

Kadisik mengatakan

sebelum resmi dirilis awal Desember 2018, Dinas Pendidikan Jawa barat sudah melakukan sosialisasi kepada berbagai pihak, seperti Kepala Cabang Dinas (KCD), Pengawas dan Kepala Sekolah. Melalui Jabar Masagi, Pemerintah Jawa Barat diharapkan mampu untuk menciptakan siswa yang cerdas, berimbang dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

 Jabar Masagi merupakan konsep yang diadopsi dari Bandung Masagi

gagasan Ridwan Kamil sewaktu menjabat sebagai wali kota Bandung. Secara umum, Jabar Masagi adalah pendidikan karakter yang berpijak pada pendidikan budi pekerti yang berdampak pada akhlak sosial yang mengandung keluhuran nilai-nilai kearifan lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks budaya dari masing-masing wilayah di Jawa Barat.

 

Artikel Terkait: