Manfaat KOLANG-KALING Bagi Kesehatan

Manfaat KOLANG-KALING

Kolang-kaling ialah nama buah yang didapatkan oleh di antara pohon palma dari family Arecaceae, yakni pohon aren atau enau. Buah kolang-kaling dikenal pun dengan sebutan buah atap, tidak sedikit dijumpai pada bulan puasa dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Manfaat KOLANG-KALING Bagi Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan keterangan dari penelitian, dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif paling tinggi menjangkau 94%, sampai-sampai kolang-kaling terasa segar ketika dikonsumsi. Kadar gelatin yang dipunyai juga lumayan tinggi sampai-sampai memiliki guna membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu santap dan menyebabkan konsumsi makanan menurun sehingga sesuai dikonsumsi sebagai makanan diet.

2. Sebagai Sumber Vitamin

Kolang-kaling pun berisi vitamin laksana vitamin A, B dan C. Vitamin A terbukti ampuh guna memperkuat penglihatan atau mata. Kemudian vitamin B baik guna kulit dan sel-sel lainnya di tubuh. Terakhir vitamin C ialah vitamin yang berkhasiat guna tubuh, menangkal sariawan, influenza dan sebagainya.

3. Menyehatkan Tulang dan Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Banyak masyarakat mengkonsumsi susu sebagai sumber kalsium. Tapi susu berisi kalori tinggi, sehingga dikhawatirkan mutu tubuh bertambah. Bila kegemukan terjadi, maka sendi semakin sakit, sebab tulang tidak kuat menahan tubuh. Kolang-kaling berisi kalsium lumayan tinggi sampai-sampai baik untuk perkembangan tulang. Dalam masing-masing 100 gr kolang-kaling berisi 91 mg kalsium. Pada susu sapi murni, masing-masing 100 gr susu sapi murni berisi 125 mg kalsium. Tingginya jumlah kalsium pada kolang-kaling ini dapat dipakai sebagai sumber kalsium pilihan di samping susu.

4. Mengobati Gatal-gatal

Sebelum diubah menjadi kolang-kaling, buah aren berisi getah yang andai terkena kulit terasa gatal. Tapi bila diciptakan menjadi asupan, malah dapat mengobati gatal-gatal. Penemuan ini memang mesti dianalisis terlebih dahulu, namun sejumlah orang telah menikmati efeknya saat mengkonsumsi kolang kaling gatal gatal pada tubuh mulai berkurang. Meski mesti dianalisis dulu lebih lanjut.

5. Melancarkan dan Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat kasar dalam kolang-kaling menjangkau 39%. Kandungan serat yang lumayan tinggi ini baik guna melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan kolang-kaling lebih lama dipahami dalam perut sampai-sampai dapat mengurangi nafsu santap dan menyimpan energi lebih lama. Serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh mengakibatkan proses pengasingan air besar teratur sampai-sampai dapat menangkal kegemukan atau obesitas.

6. Maningkatkan Stamina dan Kebugaran Tubuh

Kolang-kaling berisi sekian banyak macam mineral, laksana kalsium, besi dan fosfor dalam jumlah yang lumayan tinggi. Tingginya kandungan mineral pada kolang-kaling itu berkhasiat mengawal tubuh tetap sehat, bugar dan meningkatkan stamina

7. KOLANG-KALING Bagi Mengobati Radang Sendi

Penyakit radang sendi menyebabkan fenomena sakit di lutut sesudah berjalan sejumlah menit atau saat menaiki tangga. Hal tersebut sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Kolang-kaling bisa dimanfaatkan sebagai obat guna meredakan penyakit tersebut. Buah kolang-kaling dimasak dengan teknik direbus tanpa memakai gula atau pewarna. Dapat juga diciptakan manisan dengan memakai tambahan gula batu dan daun pandan atau jahe. Kolang-kaling rebus itu dapat dikonsumsi masing-masing hari sebagai camilan sejumlah 100-200 gram per hari. Kolang-kaling berisi 52,9% karbohidrat. Karbohidrat dalam daging kolang-kaling umumnya ialah galaktomannan. Dalam dunia farmasi galaktomannan ini menjadi bahan obat sejumlah jenis penyakit laksana radang sendi. Galaktomannan berefek analgesik atau pereda sakit sampai-sampai dapat meminimalisir rasa sakit pada radang sendi.

Sumber : https://www.faunadanflora.com