Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Konversi Energi

Selepas SMA mau melanjutkan kemana ya? Perguruan tinggi negeri atau swasta? Dan mau mengambil jurusan apa ya?  Yap, kebingungan demi kebingungan ketika sudah habis masa di SMA akan dilalui. Ada banyak pertimbangan untuk melanjutkan masa depan yang lebih cerah. Ada yang memilih untuk melanjutkan kerja selepas SMA dan juga ada yang ingin meneruskan kuliah. Anda anak – anak dari jurusan IPA semasa SMA ada baiknya untuk memikirkan melanjutkan pendidikan di jurusan teknik. Salah satunya adalah teknik konversi energi.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Konversi Energi
Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Konversi Energi

Secara garis besar pendidikan di jurusan teknik konversi energi ini akan mempelajari tentang teknik – teknik dalam merancang sebuah mesin atau juga sistem yang dapat mengubah atau mengkonversi sebuah energi kepada jenis energi lain. Mengenai prospek kerja dari program studi ini memang cukup luas dan cukup cerah mengingat energi saat ini memang menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Konversi Energi

Perusahaan pembangkit listrik

Mengenai soal aspek prospek kerja pertama bagi seorang yang merupakan fresh graduate dari lulusan teknik konversi energi adalah di perusahaan pembangkit listrik. Disana Anda akan dapat bekerja di berbagai bagian utamanya pada bidang engineering. Utamanya perusahaan pembangkit listrik dengan teknologi terbarukan akan sangat cocok untuk Anda. Di Indonesia sendiri memang ada banyak sekali pembangkit listrik dan juga sumbernya semakin beragam. Baik itu soal pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga panas bumi, angin, mikrohidro, sinar matahari dan masih banyak juga yang lainnya.

Perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memang banyak sekali membutuhkan energi untuk menggerakkan mesin – mesin produksi yang dimilikinya. Nantinya Anda dapat bekerja pada bagian listrik dan energi di berbagai perusahaan manufaktur yang semakin banyak berkembang di negeri Indonesia.

Perusahaan pertambangan

Sama halnya dengan perusahaan manufaktur, soal energi yang dibutuhkan pada perusahaan pertambangan juga akan sangat besar. Karena itu jumlah lulusan yang juga besar dari teknik konversi energi juga sangat dibutuhkan bagi perusahaan pertambangan.

Utilitas energi atau kelistrikan

Perusahaan dengan gedung – gedung yang sangat besar menjulang tinggi sebagai gedung pencakar langit tentu saja sangat dibutuhkan yang namanya staf pada bagian utilitas atau pada bagian konversi energi. Misalkan pada perusahaan persewaan gedung konvensi event, rumah sakit, hotel, perusahaan konstruksi, kereta api dan masih banyak lagi.

Akademisi

Nantinya Anda juga dapat mencoba untuk melanjutkan studi pada bidang teknik dan kemudian berkarir menjadi seorang akademisi sebagai dosen untuk mata kuliah energi di berbagai program studi yang memang sangat relevan.

Demikian sedikit informasi tentang Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Teknik Konversi Energi. Semoga informasi diatas bermanfaat. sumber : dosenpendidikan.com