Jenis Sayuran Segar yang Ramah Ginjal Penting Diketahui

Jenis Sayuran Segar yang Ramah Ginjal Penting Diketahui

Sudah rahasia umum bahwa sayur punya segudang manfaat. Si hijau yang menyegarkan tersebut kaya bakal nutrisi yang bermanfaat menjaga organ-organ tubuh tetap sehat.

Salah satunya ialah ginjal yang bermanfaat untuk ‘mengusir’ kotoran dari darah dan menata tingkat cairan dalam tubuh.

Ginjal yang bermanfaat baik ialah salah satu kriteria tubuh sehat. Pasalnya, ginjal yang rusak dapat memicu munculnya penyakit-penyakit beda yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengawal sistem ginjal berlangsung lancar, Anda dapat mengonsumsi sebanyak sayuran hijau yang punya guna untuk membersihkan, memurnikan, melindungi, dan menambah kinerja ginjal.

Berikut melansir Boldsky, sejumlah sayuran yang berfungsi untuk kesehatan ginjal.

1. Paprika merah

Sayuran ini dikenal ramah ginjal lantaran kandungan potasiumnya yang rendah. Kadar tinggi potasium dalam darah dapat mendorong munculnya penyakit ginjal kronis.

Di samping itu, paprika merah pun berisi antioksidan yang kuat laksana vitamin C, A, B6, dan sederet nutrisi lainnya laksana asam folat dan serat.

2. Kubis

Kubis ialah jenis sayuran hijau yang bebas dari potasium. Jelas itu berfungsi untuk mengawal ginjal supaya tak terserang penyakit kronis.

Sayuran ini pun kaya bakal kandungan phytochemicals yang menolong melawan radikal bebas yang dapat memicu penyakit kronis laksana kanker.

Tak hanya itu, kubis pun berisi nutrisi urgen seperti serat, vitamin B6, K, C, dan asam folat.

3. Bawang putih

Yang satu ini biasa muncul dalam nyaris setiap racikan bumbu masak. Bawang putih sangat dapat menjaga kesehatan ginjal lantaran sifat diuretiknya. Sebagai informasi, sifat diuretik yang dipunyai bawang putih menolong mengeluarkan sodium dan air berlebih dari dalam tubuh dengan memaksa ginjal mengeluarkannya dari pee.

4. Kembang kol

Sama seperti sejumlah sayurannya lainnya, kembang kol kaya bakal asam folat dan serat yang dapat membersihkan ginjal. Di samping itu, kembang kol pun diketahui punya kandungan rendah potasium yang membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal.

5. Asparagus

Asparagin yang ada dalam asparagus bermanfaat membersihkan ginjal. Sederet kandungan yang terdapat di dalamnya laksana vitamin A, C, E, dan K dapat mencegah batu ginjal dan memperkuat faedah ginjal.

6. Kale

Kandungan potasiumnya yang rendah menciptakan kale menjadi sayuran ramah ginjal. National Kidney Foundation menyinggung bahwa kandungan vitamin A, C, kalsium, dan mineral urgen lainnya yang dipunyai kale ampuh memperkuat faedah ginjal.

Baca Juga: